Rabu, 10 Oktober 2012

Republika Online

Republika Online


Berani ke Restoran Sushi Terbaik Dunia? Reservasi Sebulan Sebelumnya! (2)

Posted: 10 Oct 2012 04:03 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO-- Terletak di Tokyo, Sukiyabashi Jiro memiliki akses terhadap ikan-ikan terbaik dan tersegar di dunia. Restoran in bahkan memiliki asam cuka buatan pabrik berdasar standar dan pesanan sang koki, Jiro Ono. Rahasianya memang pada bahan-bahan berkelas dunia.

Persiapan menghidangkan sushi dilakukan dengan hati-hati dan penuh ketepatan. Sushi harus disajikan dalam urutan tertentu dan dibuat hanya beberapa saat sebelum disantap. Semua harus sesuai dengan temperatur yang benar di waktu yang tepat.

Tak hanya itu, obsesi Sukiyabashi Jiro terhadap detail membuat restoran ini menjadi terbaik di dunia. Koki Jiro Ono hanya menggunakan telapak tangannya untuk mengukur secara konsisten kuantitas kepalan nasi setiap sushi.

Selama berdekade mengelola restorannya, ia tak pernah mengizinkan asistennya mengukur dan mengepal nasi-nasi untuk sushi. Jiro ono memelajari hanya untuk menggunakan tanganya sebagai alat pengukur pasti. Telapak tangan orang lain hanya menimbulkan inkonsistensi terhadap porsi tiap sushi yang disajikan.

Jiro, di pertengahan 80-an mungkin tak bakal hidup lebih lama lagi. Alasan itu pula sutradara AS, David Gelb merasa perlu mendokumentasikan skill langka sang master koki sushi dalam film 'Jiro Dreams of Sushi' pada 2011 lalu. Pemerintah Jepang bahkan mengakuinya sebagai harta karun hidup nasional milik negara.

Jiro yang dianggap suhu sushi oleh sesama koki juga memiliki murid. Ia melatih Shiro, seorang koki yang membuka restoran sushi di Seatle. Ada pula Taiichi yang kini membuka pula toko sushi di Jepang.

Tak ketinggalan tentunya Jiro mendidik putranya sendiri yang bekerja di Sukiyabashi Jiro dan diasumsikan bakal mengambil alih bisnisnya kelak ketika sang ayah pensiun--yang menurut penuturan Jiro yakni ketika ia sudah meninggal.

Dalam restoranya yang sederhana ia menyajikan satu set sushi untuk makan siang terdiri dari kurang lebih 20 buah. Apa saja isinya, berikut beberapa contoh sushi yang menjadi andalan Sang Koki Jiro.

Sumi-ika – Sushi ini menggunakan daging cumi yang diiris tipis. Ika disajikan sangat dingin dan temperatur ini, menurut para pakar kuliner kelas dunia, memberikan sensasi guntingan saat dikunyah.
 

Inada--Tuna ekor kuning yang sangat muda sehingga belum banyak memiliki lemak. Hasilnya sebuah konsentrasi rasa tuna ekor kuning yang meluncur tanpa lemak.


Akami – Tuna superbebas lemak. Sushi ini bisa langsung melumer di mulut karena teksturnya yang bersih dan licin tanpa lemak

Oo-toro – Tuna sangat berlemak. Beras yang hangat dan biasanya memiliki butiran tebal khas untuk sushi akan menyerap banyak lemak sehingga memberi aroma khas pada beras yang sudah dicampur cuka asam.

Kohada – Ini mungkin tercium agak amis dibanding sushi lain. Teksturnya sedikit lebih lembut ketimbang saba (sushi dengan makarel) dan tak begitu asin namun dengan interior berdaging.

Akagai--tiram bercangkang merah. Warna jingga disebabkan melimpahnya kandungan hemoglobin dan besi. Saat dikunyah memberi sensai menyenangkan dan berasa mirip lobster.

Aji--salah satu tipe sushi dari tiga jenis ikan makarel, bersih dan terang dengan sedikit tekstur padat.

Kuruma-ebi – jenis sushi hasil seniman Jiro Ono, nasi diatur sehingga masih dibalut selaput tipis badan udang besar yang telah diiris menjadi dua. Sejumlah pakar kuliner menyebut Kuruma-ebi Koki Jiro lembut seperti daging lobster.

Hamaguri--sushi dari tiram yang dilapisi kecap Jepang. Rasa manis alami, tekstur dan kerutan daging memberi sensasi lembut dan padat bersamaan dalam mulut.

Saba – Potongan makarel versi Koki Jiro selalu disajikan dengan irisan tipis kulitnya demi mempertahankan rasa namun juga menghilangkan bau amis dari ikan.

Sayori – Sushi dari ikan mulut jarum ini diiris dan disajikan sedemikian rupa oleh Koki Jiro hingga menyerupai makhluk laut dalam. Rasanya istimewa, persilangan antara makarel tipe Aji dan cumi.

Ikura--Biasanya tidak terlalu asin. Akan timbul semprotan kecil saat membran tiap telur pecah dalam mulut.

Anago--Salah satu sushi belut laut yang dianggap terbaik. Aroma pemanggangan dengan mentega bisa dibaui dari sushi buatan Koki Jiro.

Sepuluh Tips untuk Kesehatan Mental

Posted: 10 Oct 2012 11:10 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Lembaga non-profit di Australia, Mental Health Council of Australia (MHCA) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian soal kesehatan mental, kembali mengkampanyekan Hari Kesehatan Mental Dunia yang dicanangkan lembaga kesehatan PBB, WHO.

Pada Tahun ini, tema Hari Kesehatan Mental Dunia yang diusung MHCA adalah siapapun kita dan dimanapun kita tinggal, kita tidaklah tinggal sendiri. Tujuan dari tema ini adalah untuk meningkatkan diskusi dan pembicaraan soal kesehatan mental.

Selain itu tahun ini pun MHCA menekankan pentingnya mencari bantuan dan upaya pencegahan bagi mereka yang mengalami tekanan. MHCA juga membagikan 10 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, seperti dikutip ABC, Rabu (10/10).

1. Rencana hidup
Ada baiknya kita selalu fokus pada tujuan hidup dan tetap tenang dalam menjalani hidup. Ada baiknya ada melakukan perencanaan dengan menulis tujuan-tujuan hidup baik, tujuan yang ingin dicapai dalam per-hari, per-minggu, per-tahun, maupun jangka panjang di masa depan. Dalam perencanaan ini, Anda dapat membuat daftar prioritas dan coba untuk mencapainya satu per satu. Tetapi ingat sebaiknya apa yang hendak diraih adalah hal yang realistis!

2. Lakukan diet yang sehat
Diet bukan saja berarti membatasi apa yang dimakan, tetapi juga memperhatikan apa yang dimakan. Usahakan apa yang Anda makan memiliki kandungan nutrisi yang sehat. Gizi yang baik tidak hanya saja baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

3. Mendengarkan musik
Dengarkanlah musik-musik yang dapat membuat Anda rileks dan dapat mengurangi stres. Musik-musik yang tenang ini bisa didengarkan saat Anda sedang bekerja atau belajar.

4. Istirahat yang cukup
Kurang tidur dapat meningkatkan stres, mengubah perasaan, kelelahan, dan menganggu kesehatan mental Anda. Segeralah beristirahat setelah Anda merasa lelah, meminum air hangat dan matikan TV atau alat-alat elektronik sebelum 30 menit menjelang tidur.

5. Kurangi ketergantungan
Kalau Anda kecanduan dengan rokok atau alkohol, maka kurangilah. Malah lebih bagus kalau misalnya Anda dapat berhenti merokok. Berhenti merokok bisa menjadi salah satu tujuan Anda. Hubungi dokter kalau Anda selalu merasa kesulitan saat berusaha berhenti merokok.

6. Mematikan alat-alat elektronik
Kurangi juga ketergantungan dan kecanduan Anda terhadap barang-barang elektronik seperti TV, DVD, telepon genggam, Video Games. Setidaknya lakukan ini 5 sampai 10 menit per hari. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga atau berjalan-jalan keluar.

7. Bersosialisasi
Keberadaan Facebook memang memudahkan kita untuk bersilaturahmi, tetapi bersosialisasi dengan bertatap muka secara langsung adalah tetap memiliki kebahagiaan tersendiri. Hadirkanlah dalam hidup Anda orang-orang yang bisa membuat kita lebih bahagia dan produktif!

8. Menjadi orang yang lebih aktif
Bergabunglah dengan grup-grup yang dapat menyalurkan hobi, kegemaran, dan aktifitas-aktifitas positif lainnya. Anda juga bisa bergabung dengan pusat olahraga dan rekreasi. Menjadi orang yang lebih aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan seperti ini akan menjaga kesehatan mental Anda.

9. Berolahraga
Jangan salah, karena berolah raga, meski hanya 10-15 menit dapat ikut meningkatkan kesehatan mental Anda. Yang bisa dilakukan adalah berlari atau bahkan sekedar berjalan.

10. Cari dukungan atau pelayanan
Jika Anda memiliki masalah dalam kehidupan, merasa tertekan, dan sulit untuk menceritakannya kepada orang lain, maka Anda dapat pergi ke dokter untuk dapat membantu Anda. Jangan merasa takut dan malu, karena setiap orang pasti memiliki masalah hidup!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan