Isnin, 3 September 2012

Republika Online

Republika Online


Mau Penampilan Makin Menawan? Kenali Dulu yang Satu Ini

Posted: 03 Sep 2012 08:13 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Mendengar kata kosmetik, orang mungkin akan langsung berpikir pada ''seabrek'' perlengkapan mulai dari alas bedak, bedak, lipstik, maskara, dan lain-lain. Padahal, yang masuk kriteria kosmetik tak cuma mereka. Nah, agar penampilan makin keren, tak ada salahnya kenalan dulu dengan beraneka jenis kosmetik.

Definisi kosmetik yang juga dipakai di Indonesia adalah bahan atau campuran bahan untuk digosokkan, dilekatkan, dituangkan, dipercikkan, atau disemprotkan pada badan atau bagian badan manusia dengan maksud untuk membersihkan, memelihara, menambah daya tarik atau mengubah rupa dan tidak termasuk golongan obat. Dalam hal ini ada empat jenis kosmetik yang biasa kita pakai.

1. Kosmetik pemeliharaan dan perawatan kulit 

Pemeliharaan berarti upaya mencegah timbulnya kelainan atau penyebab dari kelainan tersebut. Sedangkan perawatan adalah usaha mempertahankan keadaan yang sekarang baik agar tidak menjadi buruk.

Adapun jenis kosmetik yang memberi manfaat memelihara dan merawat kulit terdiri dari:

Pembersih:

Kulit harus dibersihkan karena sebagai organ tubuh paling luar, kulit adalah bagian yang terkena unsur-unsur lingkungan luar yang dapat merusak kulit. Unsur-unsur tersebut antara lain debu, sinar matahari, suhu panas atau dingin, zat kimia, dan lain-lain. Dalam hal ini kosmetik berfungsi sebagai pembersih dari unsur-unsur tersebut. Kosmetik jenis ini antara lain sabun dan cleansing oil.

Pelembab:

Kulit memerlukan pelembab jika organ yang satu ini berada dalam kondisi tertentu. Kondisi kulit yang memerlukan pelembab misalnya bagi mereka yang bekerja di ruangan ber-AC, kulit orang tua dan kulit kering. Pelembab berfungsi untuk mengurangi kekeringan kulit dan mengurangi penguapan kulit dengan cara menutupinya. Secara alamiah, fungsi ini dilakukan oleh minyak yang diproduksi oleh kelenjar palit. Bagi mereka yang masih memiliki minyak kulit yang masih banyak, misalnya remaja, tidak memerlukan pelembab.

Biasanya pelembab berisi minyak nabati atau hewani. Namun, kata Sjarif, kini ada pula pelembab yang tidak mengandung minyak atau oil-free.

Pelindung:

Pada kondisi tertentu, kulit memerlukan pelindung tambahan misalnya dari bahan kimia atau dari sinar ultra violet yang terdapat pada sinar matahari. Contoh kosmetik jenis ini adalah foundation cream dan sunscreen (tabir surya).

Penipisan:

Penipisan kulit terkadang diperlukan pada kondisi kulit yang menebal dan agak kasar, misalnya akibat gangguan keratinisasi kulit. Biasanya gangguan tersebut terjadi pada kulit kotor atau berminyak sehingga lapisan kulit tidak mudah lepas. Penipisan kulit ini biasanya digunakan oleh zat berpartikel kasar. Contohnya adalah scrub.

2. Kosmetik dekoratif

Kosmetika jenis ini dipakai untuk memperbaiki penampilan seseorang, khususnya wanita. Dengan teknik yang canggih, kekurangan pada wajah seseorang dapat ditutupi.

Kosmetik ini antara lain bedak, alas bedak, maskara, cat kuku, cat rambut, lipstik, dan lain-lain. Namun masih banyak pula wanita yang menyukai gaya dandanan alamiah tanpa banyak dilengkapi atribut kosmetik jenis ini.

3. Kosmetik pewangi (parfum)

Parfum bermanfaat untuk menambah nilai lebih bagi penampilan seseorang. Dengan parfum seseorang dapat menutupi bau badan yang mungkin kurang sedap bagi orang lain.

4. Kosmetik medik

Kosmetik ini ditambahi zat yang dapat bekerja lebih dalam dan biasa digunakan sebagai obat, misalnya sulfur (belerang) atau asam salisilat yang digunakan dalam pengobatan jerawat.

Agar Terhindar dari Kejahatan Curanmor, Begini Jurusnya

Posted: 03 Sep 2012 07:04 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Petugas kepolisian mengidentifikasi, tindak pencurian mobil hanya akan dilakukan tak lebih dari dua menit setelah pengemudi memarkir mobilnya pada suatu tempat tertentu. Bila mereka tak berhasil membuka pintu dan menghidupkan mesin dalam waktu sesingkat itu, mereka akan mengurungkan niat buruknya. Dilihat dari cepatnya waktu yang menjadi target pencuri tersebut, maka disarankan menambahkan alat pengaman pada mobil Anda. Dapat berupa kunci kontak tambahan -- ini dinilai lebih efektif -- maupun sistem alarm. Selain juga disarankan dikenakannya kunci stir setiap kali memarkir mobil sehingga kemudi tidak dapat berputar. 

Pemasangan kunci kontak tambahan 

Ini dapat dilakukan mandiri atau meminta jasa bengkel. Pengaman ini cukup efektif, walaupun memerlukan 'kerepotan' tambahan saat Anda hendak meninggalkan mobil. Pilih letak kunci rahasia ini mudah terjangkau dalam posisi duduk mengemudi -- sehingga Anda tidak perlu membungkuk-bungkuk, misalnya. Ini menghindari untuk diketahui adanya kunci rahasia oleh sindikat yang mungkin saja telah mengintai Anda. 

Manfaatkan alarm 

Langkah ini cukup baik. Namun disarankan untuk memilih jenis yang baik dengan sistem instalasi yang tertutup dan tersembunyi. Pada kebanyakan kasus kehilangan mobil beralarm, ternyata sejumlah pencuri mampu memotong instalasinya karena dirangkai secara terbuka. 

Dengan tingkat kesulitan yang tinggi sehingga memerlukan waktu pencurian yang lebih, penjahat akan cenderung mengurungkan niat buruknya. Tapi ini berlaku pada keadaan mobil terparkir di kawasan keramaian. Bila dalam keadaan terparkir di tempat tersembunyi dan sepi, bisa jadi pendapat tersebut tak berlaku. 

Setelah aman terkunci, titipkan mobil kepada petugas parkir

Ini karena secara psikologis mereka akan menggandakan pengawasan terhadap mobil tersebut karena Anda telah menegurnya secara sopan. Pada saat memarkir mobil di areal off-parking (dalam gedung) jangan sekali-kali meninggalkan karcis di mobil. 

Bila tidak terpaksa, jangan parkir dalam posisi melintang 

Ini karena mobil dapat mudah didorong ke sana ke mari. Kondisi ini akan memudahkan pencuri berlaku jahat. Sebab mereka dapat saja berpura-pura mendorong mobil Anda untuk mengobeservasi kendaraan bersangkutan, sebelum akhirnya menjebol pintunya. 

Hati-hati pakai jasa valet

Bagi Anda yang sering malas mencari tempat parkir, jangan biasakan menggunakan jasa valet di tempat-tempat yang bonadifitasnya perlu dipertanyakan. Kalaupun terpaksa memanfaatkan jasa valet, jangan sekali-kali meninggalkan STNK dalam mobil. 

Waspadai bengkel

Disarankan jangan meninggalkan atau bahkan menginapkan mobil untuk perbaikan pada bengkel yang belum dikenal reputasinya. Kemudian bila Anda menggunakan jasa sopir, yakinkan bahwa mereka dari kalangan yang memang ingin bekerja. Hindarkan mendapatkan sopir dari biro jasa. Bila semua ini telah Anda lakukan, Insya Allah mobil Anda akan aman. 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan