Khamis, 30 Ogos 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


IAEA : Iran gandakan kemampuan nuklir

Posted: 30 Aug 2012 09:26 PM PDT

International Atomic Energy Agency (IAEA) (ANTARA News/Lukisatrio)

Berita Terkait

Wina (ANTARA News) - Iran telah mengembangkan potensi kemampuannya untuk menyuling uranium di satu lokasi bawah tanah dengan menggandakan mesin sentrifugalnya dari 1.064 jadi 2.140, demikian laporan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Kamis.

Menurut laporan per kuartal terkini mengenai program nuklir Iran yang jadi sengketa itu, Teheran melanjutkan pengayaan uraniumnya dan menyembunyikan 2.140 sentrifugal di instalasi Fordow, sebanyak 696 di antaranya sudah beroperasi.

Laporan itu juga mengatakan instalasi nuklir tersebut terkubur jauh di dalam satu gunung agar lebih terlindung dari serangan militer.

Menurut laporan itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Teheran telah meningkatkan 44 kilogram uranium tingkat tingginya sejak Mei, menjadi sebanyak 189 kilogram pada saat ini.

Pengawas nuklir PBB tersebut mendesak Iran agar segera membuka Pangkalan Militer Parchin bagi pemeriksa PBB guna menjelaskan program nuklirnya.

Barat khawatir mengenai ambisi nuklir Teheran, dan menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir dengan kedok tujuan damai, tapi Teheran telah berulangkali membantah tuduhan tersebut.

(C003)

Editor: Heppy

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tanggul Sungai Kuning China jebol

Posted: 30 Aug 2012 07:20 PM PDT

Lanzhou (ANTARA News) - Satu bagian tanggul sepanjang 100 meter di Sungai Kuning di Lanzhou, Ibu Kota Provinsi Gansu, di China barat-laut, jebol pada Rabu malam, demikian kata pemerintah lokal, Kamis pagi.

Ambruknya tanggul tersebut memutus pipa saluran air, sehingga berdampak pada ketersediaan air kran, kata markas kendali banjir di kota itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Tak ada laporan mengenai korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Upaya perbaikan pipa saluran air sedang dilakukan, dan air kran diperkirakan kembali bisa disalurkan pada Jumat.

(C003)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan