Sabtu, 25 Ogos 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Gerombolan narkotika blokir jalan

Posted: 25 Aug 2012 09:26 PM PDT

Mexico City (ANTARA News) - Gerombolan bersenjata menghalangi jalan raya di seluruh Guadalajara, kota terbesar kedua di Meksiko, Sabtu waktu setempat, di mana beberapa kendaraan dibakar di tengah meningkatnya perang narkotika.

Polisi mengkonfirmasi tujuh penghalang jalan menggunakan truk dan mobil yang sudah rusak itu tidak sah.  Penghalang ini terlihat di sekitar Kota Guadalajara dan 15 kota lain di seluruh Negara Bagian Jalisco di Meksiko barat.

Luis Carlos Najera, Kepala Polisi Negara Bagian Jalisco, mengumumkan Sabtu larut malam seorang pria menderita luka tembak serius, tapi tak ada orang yang ditangkap.

"Kami tidak tahu siapa di belakang operasi ini," kata Najera sebagaimana dikutip Reuters.

Guadalajara sebelumnya tidak menghadapi kerusuhan yang berkaitan dengan kartel narkotika seperti negara bagian lain.

Negara Bagian Jalisco telah menjadi kubu Kartel Sinaloa sejak 1980-an, ketika penyelundup narkotika pertama kali menggunakan Meksiko sebagai "trampoline" guna menyelundupkan kokain ke Amerika Serikat.

Negara bagian tersebut baru-baru ini telah menyaksikan lonjakan kerusuhan saat anggota bersenjata Kartel Sinaloa memerangi pesaing mereka dari kartel yang baru muncul, Zetas.

Lebih dari 55.000 orang Meksiko tewas dalam kerusuhan narkotika sejak Presiden Felipe Calderon memangku jabatan pada Desember 2006 dan melancarkan perang terhadap kartel narkotika.

(C003) 

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Puluhan orang tewas dalam kecelakaan bus di China

Posted: 25 Aug 2012 09:25 PM PDT

Beijing (ANTARA News) - Satu bus bertabrakan dengan satu truk tangki metanol di China barat-laut, Minggu pagi, dan terbakar, sehingga menewaskan 36 orang, demikian laporan media negara, dalam kecelakaan paling akhir di negeri itu.

Tiga dari 39 penumpang bus yang melintas sekitar pukul 02.00 waktu setempat di satu jalan raya di dekat Yan`an, Provinsi Shaanxi, selamat dalam kecelakaan itu dan kini dirawat di rumah sakit, kata kantor berita resmi China, Xinhua.

Kecelakaan lalu lintas termasuk di antara penyebab utama kematian di China, kata beberapa pejabat kesehatan masyarakat sebagaimana dikutip dari Xinhua, Minggu.

Makin banyak pengemudi baru yang seringkali tak terlatih dengan baik mengemudikan bus di negeri tersebut.

Menurut laporan media negara, yang mengutip keterangan polisi, sebanyak 100.000 orang telah tewas dalam kecelakaan lalu lintas setiap tahun selama satu dasawarsa belakangan. Namun jumlah itu turun tajam tahun lalu jadi 70.000.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan