Selasa, 28 Ogos 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Mau coba permen rasa alpokat?

Posted: 28 Aug 2012 07:27 PM PDT

Yogyakarta (ANTARA News) - Dua mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Fransiscus Iwan Susilo, dan Niken Istikhari Muslihah mengolah alpukat (Persea Americana Mill) menjadi permen antioksidan.

Alpukat mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan manusia.

Alpukat yang masuk dalam keluarga Lauraceae itu, fungsinya tidak sekadar sebagai pengenyang perut karena kandungan lemak tak jenuhnya, tetapi juga sebagai antioksidan," kata Niken Istikhari Muslihah di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, buah berbentuk oval ini mengandung vitamin E dan A.

Alpukat juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol darah dengan kandungan flavonoid dan tanin, serta dapat diandalkan sebagai penetral radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.

Pada umumnya buah alpukat dikonsumsi sebagai campuran dari minuman atau diolah menjadi kosmetik, padahal ada nilai lebih jika diolah lagi menjadi suatu produk makanan yang bisa dikonsumsi orang dengan memanfaatkannya menjadi permen, katanya.

Ia mengatakan proses pembuatan permen antioksidan dilakukan dengan cara 200 mililiter ekstrak etanol alpukat dimasak hingga mendidih, kemudian ditambah dengan 50 mililiter air untuk menghilangkan etanol yang masih tertinggal di dalam ekstrak tersebut.

Selanjutnya ditambahkan 100 gram gula dan 0,75 gram glukosa. Dalam proses ini dilakukan pengadukan hingga mengental, setelah mengental adonan permen ditambah dengan lima tetes essen kemudian dicetak, katanya.

Fransiscus Iwan Susilo mengatakan untuk pembuatan ekstrak etanol dilakukan dengan cara alpukat sebanyak 500 gram diblender hingga lembut, kemudian ditambah dengan satu liter etanol dan aduk hingga homogen.

Menurut dia, campuran tersebut didiamkan selama empat hari dan mengambil filtratnya. Filtrat diendapkan selama satu hari, dan menguapkan pelarut dengan menggunakan "vacuum rotary evaporator".

Ekstrak yang diperoleh dibuat variasi konsentrasi dengan pelarut akuades, yakni sebesar 25 persen, 50 persen, 75 persen, dan 100 persen. Variasi konsentrasi tersebut diuji kadar antioksidannya, katanya.
(ANT)

 

Bojan rayakan HUT sembari umumkan pindah ke AC Milam

Posted: 28 Aug 2012 07:16 PM PDT

Bojan Krkic. (FOTO.ANTARA/REUTERS/Stringer/Spain )

Saya siap melakukan apa saja dan sudah tidak sabar untuk turun lapangan pertama kali

Berita Terkait

London (ANTARA News) - Bojan Krkic merupakan pemain terakhir yang akan dikontrak AC Milan setelah pemain internasional Spanyol itu mengumumkan pindah ke klub itu lewat media facebooknya, Selasa.

Bojan, yang disewa AS Roma dari Barcelona, mengatakan ia setuju untuk bermain di klub yang dilatih Massimiliano Allegri itu.

"Saya siap bermain di Milan, besok saya akan dikenalkan kepada para pendukung AC Milan," kata pemain sayap itu. Bojan merayakan hari ulang tahun ke-22, Selasa.

"Saya siap melakukan apa saja dan sudah tidak sabar untuk turun lapangan pertama kali. Terima kasih kepada semua yang menyambut kedatangan saya serta ucapan selamat ulang tahun kepada saya. Sampai jumpa besok, Forza Milan," katanya.

Kedatangannya menyusul penandatanganan Selasa terhadap striker handal dari tim usia di bawah 21 tahun Prancis, M`Baye Niang dari Caen.

Transfer Niang diumumkan klub dalam laman mereka (www.acmilan.com) setelah pemain berusia 17 tahun itu menjalani pemeriksaan medis.

Milan, yang mendapat perhatian besar dari pendukung mereka setelah menjual Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva, kalah 0-1 di kandang atas tim yang baru dipromosikan Sampdoria pada pembuka musim ini minggu lalu.

Mereka akan kehilangan Robinho selama satu bulan karena cedera.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan