Isnin, 23 Julai 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Raja Yordania Izinkan Pengungsi Suriah Masuk

Posted: 23 Jul 2012 06:10 AM PDT

AMMAN - Raja Yordania Abdullah II mengatakan, keamanan di sepanjang perbatasan Yordania di bagian utara negara itu telah diperketat. Kendati demikian Raja Abdullah mengatakan, pengungsi Suriah yang melarikan diri masih diizinkan masuk ke Yordania.

Seperti dilansir Associated Press, Senin, (23/7/2012), Raja Abdullah mengatakan, pemerintahan negaranya akan melindungi perbatasan itu agar tetap berada dalam situasi kondusif.

Juru bicara Pemerintah Yordania Sameeh Maaytah mengatakan, menjaga perbatasan di bagian utara penting untuk menjamin setiap infiltrasi yang mungkin terjadi.

Yordania sendiri merupakan rumah bagi lebih dari 140 ribu pengungsi Suriah yang melarikan diri ke negara itu. Sementara disisi lain, Yordania juga mengkhawatirkan perang sipil Suriah menyebar hingga ke wilayah perbatasan.

Kamp pengungsi Suriah yang masuk dari perbatasan di wilayah utara kabarnya akan dibuka pada pekan ini seiring dengan meningkatnya jumlah pengungsi.

Bantuan untuk para pengungsi Suriah ini juga datang dari Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam itu dikabarkan telah menandatangani perjanjian untuk memberikan tambahan bantuan senilai USD100 bagi Yordania, demi membantu negara itu mengurusi pengungsi Suriah.(rhs)

Israel-AS Diskusikan Kejatuhan Rezim Suriah

Posted: 23 Jul 2012 05:04 AM PDT

YERUSALEM - Salah seorang pejabat Israel mengatakan, negaranya telah berdiskusi dengan Amerika Serikat (AS) terkait antisipasi keruntuhan rezim Suriah pimpinan Bashar al-Assad. Hal ini dilakukan untuk mencegah jatuhnya senjata kimia ke tangan kelompok militan.

"Masalah ini dibahas ketika sejumlah pejabat AS berkunjung ke Israel baru-baru ini," ujar salah seorang pejabat Israel, seperti dikutip Associated Press, Senin, (23/7/2012).

Sebelumnya Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu sendiri telah memperingatkan bahwa negaranya akan bertindak jika diperlukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Peringatan yang sama juga dikeluarkan oleh Presiden AS Barack Obama. Presiden AS ke-44 itu memperingatkan Suriah agar tidak menggunakan senjata kimia dalam krisis yang terjadi selama ini.

Obama mengatakan Presiden Assad akan menjadi pihak yang paling bertanggungjawab jika senjata kimia digunakan untuk menyerang oposisi. Menurut Obama, penggunaan senjata konvensional dalam konflik saja sudah begitu banyak menimbulkan korban jiwa.

Persoalan senjata kimia milik Suriah tidak hanya menimbulkan kekhawatiran di pihak Israel dan AS saja, Raja Yordania Abdullah II juga sempat mengingatkan tentang ancaman militan Al Qaeda di Timur Tengah. Menurut Raja Abdullah senjata kimia itu bisa saja dicuri oleh kelompok militan.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan