Isnin, 9 Julai 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Gubernur Bali Terimakasih BPD

Posted: 09 Jul 2012 08:02 AM PDT

Jalan Tol Bali

Gubernur Bali Terimakasih BPD

Penulis : Ayu Sulistyowati | Senin, 9 Juli 2012 | 15:02 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com- Gubernur Bali Made Mangku Pastika berterimakasih kepada Bank Pemerintah Daerah (BPD) Bali yang ikut dalam sindikasi pembangunan jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa (NNB) dengan lima bank lainnya.

Total sindikasi tercatat sekitar Rp 1,7 triliun. sindikasi ini ditandatangani di Hotel Westin, Nusa Dua, Senin (9/7/2012) pagi tadi. proyek ini menghabiskan sekitar Rp 2,4 triliun.

Dalam jumpa pers seusai menghadiri penandatanganan, Pastika mengaku bangga keikutsertaan BPD Bali. "Ini berarti masyarakat Bali bisa bangga karena ikut membangun jalan tol pertama di Bali," katanya.

Namun, Pastika mengakui proyek besar ini berarti untuk solusi kemacetan. baginya, setidaknya untuk 15 tahun ke depan. apalagi, tahun 2013 menjadi tahun padat Pulau Dewata. Mulai pemilu kepala daerah, pemilihan Miss Univers, sampai konferensi APEC.

Editor :

Marcus Suprihadi

Pertemuan Walikota se-Asia Pasifik di Surabaya

Posted: 09 Jul 2012 07:52 AM PDT

Citynet

Pertemuan Walikota se-Asia Pasifik di Surabaya

Penulis : Harry Susilo | Senin, 9 Juli 2012 | 14:52 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com  - Surabaya menjadi tuan rumah pertemuan kepala daerah se-Asia Pasifik dalam acara bertajuk "Paving the Way Towards Enviromentaslly Sustainable Cities". Acara seminar dan pertemuan antarwalikota yang berlangsung antara 9-12 Juli ini diadakan CITYNET.

CITYNET merupakan organisasi jaringan kerjasama pemerintah daerah se-Asia Pasifik yang bermarkas di Yokohama, Jepang. Surabaya yang menjadi anggota organisasi ini dipilih sebagai tuan rumah sekaligus perayaan 25 tahun CITYNET.

Kepala Bagian Kerjasama Kota Surabaya Ifron Hadi Susanto mengatakan, Surabaya dipilih sebagai tuan rumah oleh para anggota CITYNET karena Surabaya merupakan bagian dari Executive Committee CITYNET dan dinilai berprestasi di bidang lingkungan. "Surabaya dianggap sebagai salah satu kota yang memiliki konsep pembangunan berwawasan lingkungan," ucap Ifron.

Selain seminar dan pertemuan roundtable, para anggota CITYNET juga akan melakukan kunjungan lapangan ke lokasi yang jadi contoh soal pembangunan berwawasan lingkungan, seperti Kampung Green and Clean, Eco Campus, serta penanaman pohon di kebun bibit Wonorejo.

Dalam seminar tersebut, mantan Menteri Perumahan Rakyat Erna Witoelar akan bertindak sebagai pembicara sekaligus ada perwakilan beberapa negara lainnya, seperti Vijay Jagannatan (Bank Dunia), Pedro Ortega (Wali Kota San Fernando), dan ahli-ahli perkotaan lainnya.

Bernardia Irawati, Direktur Program CITYNET, mengakui, dalam pertemuan para peserta CITYNET juga dapat belajar dari Surabaya yang menerapkan "Green and Clean Cities" agar daerah mereka mampu mengelola kota lingkungan lebih baik.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan