Selasa, 12 Jun 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Jika Rudal Diluncurkan, Tel Aviv Akan Evakuasi Warga

Posted: 12 Jun 2012 06:03 AM PDT

YERUSALEM - Israel akan melakukan evakuasi besar-besaran terhadp seluruh penduduk di wilayah Tel Aviv jika serangan rudal dilancarkan ke Negeri Yahudi itu. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Komandan Keamanan Tel Aviv dan wilayah sekitarnya Kolonel Adam Zusman.

"Jika serangan rudal dilancarkan ke Israel terutama rudal non-konvensional, maka seluruh warga yang berada di Tel Aviv dan kota-kota lain di sekitarnya akan dievakuasi dan dipindahkan ke wilayah lain. Ini adalah evakuasi besar-besaran yang akan terjadi," tegas Kolonel Zusman yang dikutip dari AFP, Selasa (12/6/2012).

Pernyataan Kolonel Zusman ini muncul menanggapi banyak ancaman serius yang datang dari Iran, kelompok Hizbullah Lebanon serta militan Hamas di Jalur Gaza.

"Jika perang terjadi, maka kami memperkirakan ada ratusan rudal yang akan menghantam Tel Aviv serta beberapa kota di sekitarnya. Serangan ini juga akan mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa di pihak Israel. Hari ini setiap jiwa penduduk Israel terancam," tutur Kolonel Zusman.

Zusman tidak memungkiri bahwa Israel memiliki beberapa sistem persenjataan paling canggih di dunia. Namun, diakuinya pula bahwa Israel tidak dapat mengandalkan perlindungan secara total pada sistem ini.

"Kami harus siap untuk skenario terburuk sekalipun," ujar Kolonel Zusman.

Pada kesempatan yang sama Kolonel Zusman mengatakan, tidak seluruh warga Israel berada dalam kondisi siaga untuk menghadapi serangan yang bisa saja tiba-tiba muncul. Menurutnya, 30 persen warga Israel yang berada di bawah otoritasnya masih belum memiliki masker yang melindungi mereka dari zat-zat gas beracun.

"Namun, di daerah lain tindakan pencegahan telah diambil termasuk adanya pelatihan rutin dan persiapan dari pihak rumah sakit terkait penanganan korban serangan," tutur Zusman.(rhs)

Iran Mulai Bangun Kapal Selam Nuklir

Posted: 12 Jun 2012 05:13 AM PDT

TEHERAN - Iran dikabarkan mulai merakit kapal selam nuklir pertamanya. Perancangan dari kapal selam nuklir itu dilakukan di tengah munculnya kekhawatiran komunitas internasional terhadap program nuklir Iran.

Deputi Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Abbas Zamini mengatakan, negaranya sudah memulai langkah awal dalam perancangan kapal selam berenergi nuklir itu. Zamini pun menegaskan kembali, nuklir Iran digunakan untuk kepentingan damai dan Iran pun berhak untuk menciptakan kapal selam. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Selasa (12/6/2012).

Sejauh ini, Iran sudah membuat kapal selam yang berukuran kecil. Namun Iran juga menggunakan kapal selam buatan Rusia yang dibelinya pada 1990 silam. Kapal selam tersebut juga bukan merupakan kapal selam berenergi nuklir.

Kepemilikan sebuah kapal selam nuklir akan meningkatkan pamor suatu negara di tataran internasional. Hal itu disebabkan karena sejauh ini, hanya Amerika Serikat (AS), Rusia, Inggris, Prancis, dan China yang memiliki kapal selam nuklir.

Selain negara-negara tersebut, India dikabarkan sudah mengoperasikan kapal selam nuklirnya yang bernama Nerpa. Nerpa yang dirakit oleh Rusia akhirnya diberikan nama baru yakni, INS Chakra. Persenjataan dari kapal selam nuklir India juga tidak dapat dianggap remeh, karena empat buah torpedo 533 mm dan empat 650 mm dipasang di kapal selam itu.(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan