Sabtu, 2 Jun 2012

Republika Online

Republika Online


Ribuan Pelajar Pecahkan Rekor MURI Membatik

Posted: 02 Jun 2012 11:04 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 2.613 pelajar dari berbagai komunitas di Jakarta berkumpul di pelataran Museum Fatahilah untuk memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia dalam kategori membatik terbesar di Indonesia.

Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letnan Kolonel (Inf) Suwarno, Minggu, mengatakan, pencatatan rekor ini dilakukan guna meningkatkan kreativitas pelajar di Indonesia.

Rekor sebelumnya tercipta di Semarang yang melibatkan 2.150 pembatik pada 2010. Kegiatan itu juga menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan aksi vandalisme di kalangan pelajar, khususnya di Jakarta.

"Kalau kita lihat adik-adik kita di Indonesia ini kalau acara lulusan biasanya corat-coret. Ini hanya di Indonesia, saya ke mana-mana tidak ada seperti itu," ujar Suwarno di Museum Fatahilah, Kota Tua, Jakarta.

Dia menambahkan, daripada corat-coret, lebih baik kreativitas generasi muda dilampiaskan dalam acara membatik, sekaligus menjaga kelestarian budaya bangsa. "Lebih dari 2.500 siswa ini bisa memunculkan bakat-bakatnya yang terpendam, dan mungkin ke depannya akan menghasilkan uang," katanya.

Wali Kota Jakarta Barat Burhanudin mengatakan, vandalisme di kalangan pelajar dinilai merugikan negara.
"Tiang-tiang telepon dan tiang listrik dikotori setiap hari. Karenanya saya berharap habis ini ada konsep mendasar lagi guna menanggulangi masalah ini," tambahnya.

Penyelesaian terhadap masalah ini, menurutnya, tidak bisa dilakukan oleh pihaknya karena membutuhkan perhatian bersama setiap elemen masyarakat.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A. Johansyah mengungkapkan kegiatan membatik massal dilakukan guna meningkatkan kecintaan generasi muda akan tradisi bangsa khususnya kelestarian kain batik Indonesia. "Kemudian, untuk menimbulkan aspek positif dari ekonomi kreatif di Indonesia," ujarnya.

Acara pemecahan rekor membatik diprakarsai Museum Tekstil, Kodam Jaya, Bank Indonesia, Wali Kota Jakarta Barat, Komunitas Kota Tua, dan Masyarakat Batik Indonesia. Hasil karya pelajar ini akan disimpan di Museum Muri.

Aung San Suu Kyi: Myanmar-Cina Berteman Baik

Posted: 02 Jun 2012 10:40 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Myanmar dan Cina akan menjadi teman yang lebih baik pada saat negara Asia Tenggara itu memperdalam reformasi politik dan ekonominya, kata Aung San Suu Kyi, pemimpin oposisi Myanmar Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Jumat (1/6).

"Saya kira ada kemungkinan terjalin persahabatan yang semakin besar di antara rakyat kita, terutama generasi muda," katanya kepada Xinhua pada Forum Ekonomi Dunia di Asia Timur.

Keterbukaan yang dibawa oleh reformasi akan lebih meningkatkan hubungan antara kedua negara, katanya. "Myanmar adalah negara demokrasi parlementer dan kami berteman sangat baik dengan Cina.. Saya tidak melihat mengapa kita tidak bisa terus menjadi teman baik ..." katanya menambahkan.

Aung San Suu Kyi, juga anggota parlemen, berada di Thailand untuk kunjungan pertamanya ke luar negeri setelah 24 tahun dijebloskan dalam tahanan rumah oleh rezim militer yang lalu. Ia menghadiri dan menyampaikan pidato pada Forum Ekonomi Dunia di Asia Timur.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan