Ahad, 27 Mei 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Dua Capres Terkuat Mesir Adu Pengaruh

Posted: 26 May 2012 11:20 PM PDT

KAIRO-  Mantan Perdana Menteri Mesir Ahmed Shafiq dan seorang tokoh dari kelompok Ikhwanul Muslimin Mohammed Mursi tampil menjadi dua kandidat terkuat Presiden Mesir. Kedua politisi itu terlihat berkompetisi untuk meraih dukungan dari masyarakat.

Di tengah munculnya pertarungan antara Mursi dan Shafiq, Hamdeen Sabahi muncul dan mengingatkan akan adanya bahaya kecurangan di pilpres. Sabahi merupakan salah seorang capres Mesir dari fraksi sosialis yang dikabarkan sedang naik daun.

Banyak warga Mesir yang kecewa dengan hasil penghitungan suara pada pilpres yang berlangsung Rabu dan Kamis lalu. Meski Shafiq menegaskan, dirinya takkan mengembalikan Mesir ke zaman militer, warga Mesir tampak dihantui dengan sosok Shafiq yang tak lain adalah perdana menteri di era Husni Mubarak.

"Saya jengkel karena sering disebut sebagai politisi rezim lama. Seluruh warga Mesir adalah bagian dari rezim lama!" ujar Shafiq dalam kampanyenya.

Sementara itu, Mursi diklaim oleh sejumlah akan menegakkan hukum Islam di Negeri Piramida. Para pendukung Mursi sebelumnya sudah mengklaim, pria itu akan memimpin perolehan suara di pilpres Mesir. Mursi tak henti-hentinya menyindir Shafiq.

"Kami yakin, para politisi dari rezim Mubarak beserat genknya, ingin mengembalikan rezim Mesir. Namun mereka akan kalah dan masuk ke dalam tong sampah sejarah," ujar Mursi.

Lewat penghitungan suara sementara yang dilakukan pada Jumat kemarin, Mursi dikabarkan meraih 25,3 persen suara. Sementara itu Shafiq mendapat 24,9 persen, persaingan pun berlangsung dengan cukup ketat. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Minggu (27/5/2012).

Sabahi justru meraih posisi ketiga dengan perolehan suara 21,5 persen, diikuti dengan Abdel Monem Abolfotoh, seorang mantan anggota Ikhwanul Muslimin. Keunggulan Sabahi juga disebut seabgai hal yang fenomenal.(uky)

Tiada ulasan:

Catat Komen