Selasa, 15 Mei 2012

Republika Online

Republika Online


Alhamdulillah, Muslim Basque tak Lagi Kesulitan Dirikan Masjid

Posted: 15 May 2012 11:10 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Kabar gembira dari muslim Basque. Pemerintah Kawasan Otonomi Khusus Basque, Spanyol tengah menyusun Undang-undang (UU) terkait dengan pembangunan masjid. Dalam UU tersebut, nantinya pembangunan masjid atau musholla dengan kapasitas kurang dari 300 orang tidak perlu lagi mengajukan permohonan izin pembangunan.

Namun, penggodokan UU itu mendapat reaksi keras masyarakat lokal. Menurut mereka, UU itu sama saja mendorong banyaknya pembangunan masjid di wilayah Basque.

Salah seorang yang kontra dengan UU itu, Walikota Vitoria-Gasteiz Javier Maroto mengatakan, seandainya UU itu diberlakukan maka setiap toko sayuran dapat diubah fungsinya menjadi masjid.  "Kita akan melihat masjid bermunculan seperti jamur," kata dia seperti dikutip gatestoneinstitute.org, Rabu (16/5).

Sejalan dengan penolakan itu, berbagai hasil survei bermunculan. Seluruh hasil survei seolah menegaskan penolakan terhadap UU tersebut.

Sebagai contoh, survei yang digagas pemerintah Basque itu menyebutkan, satu dari lima warga Basque tidak menghendaki memiliki tetangga seorang muslim. Tak berselang lama, pemerintah Basque menggelar survei lain. Dari hasil survei itu diketahui 49 persen warga Basque menentang pembangunan masjid.

Lantaran tidak menghendaki suasana tidak kondusif, komunitas muslim Basque pada Desember 2010 membentuk Dewan Islam Negeri Basque. Dewan ini merupakan wadah dari 24 organisasi Islam yang berada di Basque. Pembentukan dewan ini bertujuan untuk menyatukan suara muslim untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

Terkait masalah UU, Dewan Islam Negeri Basque Basque menyatakan aturan itu merupakan wujud dari pengakuan keberagaman. Sebabnya, Dewan Islam melihat keliru bila UU ini hanya dipandang menguntungkan muslim saja.

"Keberagaman, inilah yang harus menjadi perhatian," demikian pernyataan resmi dewan Islam.

Negeri Basque adalah rumah bagi lebih dari 50.000 umat Islam.  Sebagian besar muslim Basque merupakan imigran asal Aljazair, Maroko, Pakistan dan sub-Sahara Afrika. Saat ini, lebih dari 12 masjid didirikan.

Michelle Obama Pernah Ajukan Gugatan Cerai?

Posted: 15 May 2012 11:10 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Kabar mengejutkan itu datang dari sebuah buku. Dari buku 'The Amateur' karya Edward Klein, terungkap bahwa Michelle sempat mengajukan surat cerai agar pisah dari Barack Obama pada 2000 silam. Keputusan ini diambil menyusul kegagalannya memenangi kursi Senat di Chicago.

Ketika kalah itu, Michelle justru menyalahkan sang suami karena tidak mau mendengar nasihatnya. Akibat gugatan yang terjadi pada usia perkawinan delapan tahun itu, Obama dikabarkan sangat sres sehingga teman-temannya sempat khawatir dia akan bunuh diri.

Klein mengaku mendapatkan informasi itu dari seorang teman Michelle. Obama, lanjut Klein, sempat meminta bantuan pada temannya agar tetap berada di kancah politik. 

Belakangan, pasangan itu bisa memperbaiki segala perbedaan itu. Obama pun sempat memenangi kursi Senat di Illinois dan mendapatkan kembali kepercayaan sang istri.

Dalam berbagai kesempatan, pasangan ini memang mengaku menjalani kehidupan pernikahan yang berat. Namun, mereka bisa mengatasi masalah itu.  Kini, pernikahan mereka telah menginjak tahun ke-21 dengan dua putri yang cantik.  

Tiada ulasan:

Catat Ulasan