Ahad, 20 Mei 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Wali Kota Kupang minta masyarakat evaluasi penyaluran dana BOS

Posted: 20 May 2012 06:22 PM PDT

Kupang (ANTARA News) - Wali Kota Kupang Daniel Adoe meminta masyarakat khusus orang tua dan wali murid untuk ikut memantau, mengawasi dan memberikan evaluasi terhadap pelaksanaan dan penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di sekolah-sekolah.

"Ini penting untuk mencegah terjadinya kebocoran penggunaan dana BOS," katanya di Kupang, Senin.

Dia mengatakan, pemerintah diminta membuat kebijakan yang terbuka dalam penggunaan dana BOS sehingga tidak menimbulkan kecurigaan masyarakat terhadap pelaksanaannya di lapangan.

Selain itu untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif terhadap pelaksanaan penggunaan dana BOS yang dikhususkan bagi siswa tidak mampu dan miskin itu agar benar-benar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

"Jika semua pelaksanaannya dilakukan secara transparan dan terbuka, saya yakin peluang untuk dilakukannya penyimpangan akan sangat kecil bahkan tidak terjadi," kata dia.

Adoe mengatakan, setiap hasil pemantauan yang dilakukan dan ternyata terdapat sejumlah kepincangan dan bahkan kesalahan prosedur pelaksanaannya, maka penting bagi orang tua/wali untuk segera melaporkannya melalui dinas pendidikan untuk selanjutnya diselesaikan sesuai dengan mekanisme.

"Jika diketahui ada penyimpangan dan pelaksanaannya dan saya mendapatkan laporan akan saya tindak tegas sesuai dengan aturan yang ada," kata Adoe.

Dia mengatakan, alokasi anggaran untuk dana BOS oleh pemerintah dimaksudkan untuk memberikan sejumlah kemudahan kepada siswa kurang mampu dan miskin agar tetap mendapakan kesempatan mengenyam pendidikan demi mempersiapkan masa depannya untuk membangun diri, keluarga dan negara.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kupang itu menyebutkan, sesuai data sensus penduduk Kota Kupang tahun 2010, jumlah penduduk Kota Kupang mencapai 335.585 jiwa, dengan jumlah siswa sekolah dari tingkat TK hingga perguruan tinggi berjumlah 84.601 jiwa dengan rincian, siswa TK berjumlah 4.507 orang, SD 40.907 jiwa, SLTP 18.471 orang, SLTA 20.716 orang serta mahasiswa berjumlah 8.751 orang.

"Dengan jumlah itu, dapat tergambar bahwa hampir pasti penduduk Kota Kupang usia sekolah semuanya bersekolah, kendati pemerintah masih memiliki keterbatasan sarana fisik," kata Adoe.

Namun demikian, dia berharap kerja sama dari semua komponen yang ada termasuk orang tua/wali siswa dalam penyelenggaraan dana BOS tersebut, agar bisa lancar dan tepat sasaran, sehingga akses pendidikan semakin gampang bagi setiap anak kurang mampu dan miskin di daerah ini.

(ANT-295/R007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Kofi Annan akan kunjungi Suriah akhir Mei

Posted: 20 May 2012 06:13 PM PDT

Utusan Khusus PBB-Liga Arab Kofi Annan (FOTO ANTARA/REUTERS/Evan Schneider/UN Photo/Handout)

Berita Terkait

Damaskus (ANTARA News) - Utusan khusus bersama PBB-Liga Arab Kofi Annan akan mengunjungi Suriah pada akhir Mei untuk membahas pelaksanaan rencana perdamaian enam pasalnya, kata juru bicara kementerian luar negeri Suriah Jihad Makdissi di laman facebook-nya pada Minggu.

Satu tim pejabat PBB pada Minggu bertolak ke Kementerian Luar Negeri Suriah untuk mengadakan perundingan dengan para pejabat Suriah mengenai situasi di negara itu dan rencana gencatan senjata Annan yang telah diberlakukan pada 12 April.

Pertemuan ini juga ditujukan untuk mempersiapkan kunjungan Annan.

Babacar Gaye, penasihat militer Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, dan Herve Ladsous, wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk penjaga perdamaian dan Jean-Marie Guehenno, wakil Annan, dilaporkan AFP tiba di Suriah, Jumat.

Gencatan senjata telah goyah sejak awal karena saling ketidakpercayaan antara pemerintah dan oposisi telah meliputi upaya untuk memecahkan krisis politik.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan