Ahad, 29 April 2012

Republika Online

Republika Online


Hii, Inilah Kota Mati Chernobyl Itu Kini

Posted: 29 Apr 2012 09:04 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Sekitar 26 tahun lalu, dunia dikejutkan dengan meledaknya reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina. Ledakan yang ditimbulkan berkekuatan 400 kali lebih besar dari ledakan bom atom di Hiroshima, Jepang.

Tidak heran efek ledakan reaktor nuklir di Chernobyl dirasakan sampai wilayah Inggris dan sebagian besar kawasan Eropa Utara. Peristiwa meledaknya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir tersebut masih dirasakan dampaknya sampai sekarang, salah satunya adalah penyakit kanker yang disebabkan oleh radiasi.

Ledakan reaktor nuklir Chernobyl dikenang sebagai tragedi yang mendalam. Ratusan ribu penduduk terpaksa dievakuasi karena kota tersebut hancur dan tidak dapat dihuni lagi sehingga menjadi kota mati. Saat ini sekitar radius 48 km dari pusat ledakan reaktor masih dinyatakan sebagai zona eksklusif yang terkontaminasi sehingga dikosongkan dan ditutup untuk umum.

Walaupun saat ini situasi kota tersebut sangat mencekam karena telah menjadi kota mati, rupanya animo wisatawan melakukan kunjungan ke lokasi bekas tragedi nuklir tersebut sangat besar. Hal inilah yang mendorong pemerintah Ukraina untuk mengembangkan sebagian kawasan Chernobyl menjadi area wisata untuk mengenang tragedi nuklir tersebut.

Para ahli mengembangkan rute yang aman secara medis untuk tujuan wisata di kawasan bencana tersebut, kata Juru bicara Kementrian Keadaan Darurat Ukraina, Yulia Yershova. 

Berminat berwisata ke sana?

Bikin Bakso Sendiri Yuk, Begini Caranya (2)

Posted: 29 Apr 2012 08:13 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah memilih bahan yang tepat, keberhasilan membuat bakso juga tergantung pada kesuksesan membuat adonan dan merebus bakso. Berikut ini kiatnya:

Sebelum memulai membuat bakso, timbanglah bahan dengan tepat. Es batu digunakan untuk menjaga suhu daging agar daging tidak matang karena panas food processor. Es batu juga untuk menjaga kekenyalan bakso. 

Untuk membentuk bulatan bakso dapat digunakan mesin pembuat bakso. Namun, Anda juga dapat membuatnya secara manual yaitu dengan bantuan tangan.

Setelah bulatan bakso jadi, masukkan ke dalam air panas yang tidak mendidih dan api tidak menyala. Setelah proses pembuatan adonan selesai, baru direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung. Angkat lalu tiriskan.

Jangan langsung memasukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih karena permukaan bakso akan keriput dan kemungkinan pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.

Jika akan disimpan atau tidak langsung diolah atau dimakan, siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Simpan dalam wadah tertutup.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan