Isnin, 12 Mac 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


OC Kaligis: Mustahil Angie Tak Punya BlackBerry

Posted: 12 Mar 2012 12:42 AM PDT

KARANGANYAR - Pengacara senior OC Kaligis mengaku tidak percaya tersangka kasus suap proyek pembangunan wisma atlet SEA Games Angelina Sondakh tidak memiliki smartphone BlackBerry, seperti pengakuannya di pengadilan.

"Angie mengatakan tidak punya BlackBerry. Masak kalah dengan anak SMA yang sudah punya BlackBerry," ujarnya di Pengadilan Negeri, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (12/3/2012).

Dalam persidangan, Angie mengaku baru memiliki BlackBerry pada akhir 2010. Padahal saksi yang lain, Mindo Rosalina Manulang atau Rosa mengaku sempat melakukan komunikasi dengan Angie via BlackBerry Messenger pada awal 2010. Dalam percakapan tersebut muncul istilah Apel Malang, Apel Washington, Bos Besar, serta Ketua Besar.

Meski dikonfrontir dengan bukti foto, namun Angie tetep keukeuh menyatakan baru memiliki BlackBerry pada akhir 2010 dan tidak pernah berkomunikasi dengan Rosa via BlackBerry Messenger.

Dalam kesempatan ini OC Kaligis juga meminta Anas Urbaningrum untuk  menepati janjinya yang mengatakan siap di gantung di Monas, bila dirinya terbukti terlibat dalam kasus korupsi pembangunan sarana olahraga di Hambalang.

Bila memang benar Anas mengaku tidak terlibat dan menganggap semua itu merupakan fitnah, OC Kaligis menantang Anas untuk berani memberikan keterangan di persidangan. "Kalau di luar persidangan, buat apa. Semua juga bisa mengatakan seperti itu.  Kalau berani, Anas hadir dan  memberikan keterangan di persidangan, jangan di luar," kata dia.

Menurut OC Kaligis, ada skenario besar jilid II yang akan dijalankan, setelah skenario jilid I gagal di balik kasus ini. Semula, OC Kaligis yang mengaku masih menjadi pengacara Nazarudin, mengatakan, sebelum Abraham Samad menjabat sebagai Ketua KPK, ada skenario yang terjadi di KPK, sengaja di jalankan agar Angie, tidak dihadirkan di persidangan.

Tentu saja, tambah OC Kaligis, dengan kompensasi, masa jabatan Pimpinan KPK yang lama diperpanjang. Namun upaya tersebut gagal dilakukan, dan Abraham Samad terpilih sebagai Ketua KPK, sehingga rekayasa jilid II lain sengaja digulirkan. "Jelas dong ada rekayasa," tandasnya.
(ful)

Polisi Gagalkan Upaya Peledakan Bom di Aceh

Posted: 12 Mar 2012 12:30 AM PDT

BANDA ACEH - Mabes Polri dan Polda Aceh berhasil menggagalkan upaya peledakan bom serta menangkap enam orang diduga sebagai pelaku. Polisi juga menyita lima bom rakitan yang diduga disimpang pelaku di Gampong Meunasah Lhok, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar.

Enam dari tiga pelaku itu ditangkap di Meunasah Lhok saat mengangkut bom tersebut dalam mobil Daihatsu Terrios, Sabtu 10 Maret dini hari. Mereka berinisial MMS, RM, dan KM.

Sementara tiga lainnya ditangkap beberapa jam kemudian di Aceh Utara berinisial US, SL, dan BG. "Mereka ditangkap di tempat persembunyian di Aceh Utara dan diduga terlibat jaringan ini," kata Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan di Banda Aceh, Senin (12/3/2012).

Penangkapan dilakukan dalam operasi gabungan Polda Aceh dan tim Mabes Polri setelah mendapat informasi dari masyarakat.

Bom yang disita menggunakan pipa berdiameter 15 sentimeter dan panjang 50 sentimeter. Komposisi di dalamnya berisi mesiu, partikel-partikel, dan kabel pemicu.

Iskandar menyebutkan, bom ini berdaya ledak rendah namun kalau meledak sangat berbahaya bagi orang di sekitar karena diisi dengan bahan keras.

Ditanya apakah bom akan digunakan terkait Pemilukada Aceh, Iskandar mengatakan pihaknya belum mengetahuinya.

Polisi belum bisa memastikan bahwa kasus ini terkait dengan pemilukada atau bukan. Polisi juga enggan menyebutkan dari jaringan mana pelaku ini berasal.

Namun sementara ini pelaku diduga terkait dengan aksi kriminalitas bersenjata api di Aceh. "Ini masih dalam investigasi Mabes Polri bersama Polda Aceh," ujarnya.

(ton)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan