Ahad, 22 Januari 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Unjuk Rasa Sambut Kunjungan Paus

Posted: 18 Aug 2011 06:20 AM PDT

MADRID, KOMPAS.com Ribuan demonstran berunjuk rasa di ibu kota Spanyol, Madrid, untuk memprotes biaya kunjungan Paus Benediktus XVI beberapa jam sebelum Paus dijadwalkan tiba.

Kantor berita BBC, Kamis (18/8/2011), memberitakan, sejumlah demonstran bentrok dengan polisi setelah berpawai ke pusat lapangan Sol sambil meneriakkan slogan-slogan. Sebelumnya, polisi Spanyol menangkap seorang mahasiswa Meksiko atas tuduhan bahwa ia merencanakan serangan gas terhadap massa pengunjuk rasa anti-Paus.

Kunjungan Paus itu terjadi pada saat kesulitan ekonomi melanda Spanyol, meskipun para penyelenggara mengatakan kunjungan itu tidak membebani keuangan negara. Sampai sekitar sejuta peziarah dari seluruh dunia telah berkumpul di kota itu selama enam hari festival World Youth Day (WYD 2011), yang berpuncak pada upacara misa terbuka pada hari Minggu mendatang yang dipimpin Paus Benediktus XVI.

Paus akan tiba di bandara Barajas, Madrid, pada Kamis pagi waktu setempat dan mengadakan pertemuan dengan orang-orang muda di WYD 2011 pada Jumat besok.

Lebih dari 100 kelompok yang menentang kunjungan Paus merencanakan protes pada Rabu malam. Mereka termasuk gerakan 15-M, yang menentang penghematan ketat pemerintah, serta kelompok hak-hak gay dan orang lain yang menentang ajaran Katolik. "Kami tidak marah terhadap kunjungan Paus, yang sejumlah orang setuju dan yang lainnya tidak, melainkan atas pembiayaan kunjungan itu dengan uang publik, terutama pada saat banyak layanan dipotong demi mengekang pengeluaran pemerintah," kata 15-M dalam sebuah pernyataan.

Para pengunjuk rasa berpawai ke pusat kota tua itu dengan berteriak, "Tidak ada jatuh Paus dari pajak saya." "Kunjungan ini memakan biaya banyak bagi Spanyol yang sedang melalui periode buruk," kata seorang pengunjuk rasa, Rosa Vazquez (55), kepada kantor berita Reuters.

Wartawan BBC, Sarah Rainsford, di Madrid, mengatakan, ketegangan meningkat saat para pengunjuk rasa mencoba untuk menyeberangi lapangan itu. Ketika polisi berusaha untuk membersihkan alun-alun itu, mereka bentrok dengan demonstran. Sejumlah dari mereka melemparkan botol.

Spanyol sedang melewati krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade, dengan tingkat pengangguran 21 persen yang merupakan yang tertinggi di Uni Eropa.

Para panitia mengatakan, mereka percaya acara tersebut akan menghasilkan sekitar 100 juta euro bagi perekonomian Spanyol dengan tidak menggunakan biaya para pembayar pajak, tetapi para kritikus memperkirakan, acara tersebut akan menelan sejumlah biaya negara.

Full content generated by Get Full RSS.

AS Kirim Dua Predator ke Libya

Posted: 18 Aug 2011 03:39 AM PDT

AS Kirim Dua Predator ke Libya

| Egidius Patnistik | Kamis, 18 Agustus 2011 | 10:39 WIB

Ilustrasi, pesawat tak berawak

TERKAIT:

WASHINGTON, KOMPAS.com Amerika Serikat mengirimkan lagi dua pesawat tak berawak Predator untuk operasi-operasi pengintaian atas Libya, kata seorang pejabat AS kepada Reuters, Rabu, pada saat pasukan Moammar Khadafy menghadapi tekanan yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Pesawat-pesawat tanpa awak itu tiba pada awal pekan ini, kata pejabat itu, yang tak diungkap namanya. Tidak segera jelas berapa banyak pesawat tak berawak AS yang saat ini digunakan pada misi NATO itu.

Keputusan AS untuk mengirim pesawat tambahan menyusul seruan-seruan bulan lalu oleh Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen kepada para anggota aliansi agar memberikan dukungan udara lebih banyak dan terjadi pada saat para pemberontak Libya membuat kemajuan-kemajuan utama di seluruh negeri.

Setelah 41 tahun berkuasa, Khadafy (69) tampaknya makin terisolasi. Pasukan pemberontak mendekat dari barat, selatan, dan timur, memotong benteng pertahanan Tripoli di pantai Mediterania. Keberadaan Khadafy hingga kini tidak diketahui.

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, Selasa, mengatakan, hari-hari Khadafy kini bisa dihitung dan para pejabat AS mengutip pemberontak di garis depan mencapai kemajuan. Tekanan diplomatik dan pembelotan-pembelotan di lingkaran dalam Khadafy merupakan bukti kemajuan itu.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Komen