Isnin, 2 Januari 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Cerpen Putu Wijaya akan dipentaskan

Posted: 02 Jan 2012 03:11 AM PST

Ilustrasi -- Putu Wijaya FOTO ANTARA/FANNY OCTAVIANUS/09. (ANTARA/Fanny Octavianus)

Opera tersebut berasal dari cerpen berjudul "Laki-laki Sejati" dan "Mendadak Kaya" yang akan dipentaskan di tiga kota yaitu Jakarta (8/1), Surabaya (13/1), dan Bandung (15/1) dengan sutradara Chendra Panatan.

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Pianis Ananda Sukarlan akan mementaskan opera yang diadaptasi dari dua cerita pendek karya Putu Wijaya dalam "Java New Year Concert (JYNC) 2012".

"Tujuan dari konser ini adalah agar orang yang datang ke Jakarta bisa tahu seperti apa Indonesia melalui musik. Opera sengaja dipilih karena lengkap menyajikan musik, tari, dan sastra," kata Ananda dalam jumpa pers pada Kamis pekan lalu (29/12).

Opera tersebut berasal dari cerpen berjudul "Laki-laki Sejati" dan "Mendadak Kaya" yang akan dipentaskan di tiga kota yaitu Jakarta (8/1), Surabaya (13/1), dan Bandung (15/1) dengan sutradara Chendra Panatan.

Pementasan di Jakarta akan dilangsungkan di Auditorium Bank Indonesia, Surabaya bertempat di Gedung Kesenian Cak Durasim, dan Bandung digelar di Sasana Budaya Teater Tertutup.

"Saya memilih kedua cerpen itu karena saya pengagum Putu Wijaya, ditambah karena latar tempat dan cerita keduanya lebih mudah diadaptasi untuk dijadikan opera," jelas pianis yang sejak 1998 menetap di Spanyol tersebut.

Opera yang masing-masing berdurasi 30 menit itu akan dibawakan oleh penyanyi muda yang merupakan pemenang Kompetisi Vokal Nasional Tembang Puitik Ananda Sukarlan 2011 yaitu soprano coloratura Evelyn Merrelita dan mezzosoprano Eriyani Tenga Lunga untuk cerpen "Laki-laki sejati" dan tenor Adi Nugroho serta Pharel Silaban untuk cerpen "Mendadak Kaya".

"Opera pertama lebih intim karena menampilkan percakapan ibu dan anak, sementara opera kedua lebih atraktif karena merupakan komedi slapstick yang `nyeleneh`, lengkap dengan tarian," kata pria kelahiran 1968 tersebut.

Ananda yang memulai karir profesionalnya pada 1994 di Eropa itu mengaku tidak mengalami hambatan dalam berlatih dengan para pengisi acara konser, meski ia baru dapat bergabung di tanah air pada pertengahan Desember.

"Mereka adalah bibit muda musik yang suka tantangan dan tidak takut mencoba hal baru, jadi saya senang bekerja dengan mereka," papar Ananda.

Ajang JNYC 2012 merupakan perhelatan yang ketujuh dari Ananda Sukarlan bersama Yayasan Musik Indonesia, namun bentuk opera dan pementasan di tiga kota merupakan yang pertama.

Yayasan Musik Indonesia juga memberikan beasiswa kepada generasi muda yang akan meneruskan pendidikan di bidang musik klasik namun terkendala biaya.(D017)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

"Mission: impossible - ghost protocol" raja "box office"

Posted: 01 Jan 2012 07:55 PM PST

Aktor Tom Cruise berpose di karpet merah pemutaran perdana film yang dibintanginya "Mission Impossible - Ghost Protocol" beberapa waktu lalu(REUTERS/Stefan Wermuth)

Berita Terkait

Los Angeles (ANTARA News) - Film terbaru Tom Cruise "Mission: Impossible - Ghost Protocol"  memimpin box office pada akhir pekan keduanya. Box office adalah jumlah pemasukan dari bioskop sepanjang akhir pekan di AS dan Kanada.

Film keempat  "Mission: Impossible" itu hadir di bioskop mulai 21 Desember dan telah  meraup 31,3 juta dolar AS dari penjualan tiket selama liburan empat-hari, demikian proyeksi distributor Paramount.

Film tersebut diperkirakan bakal mengantungi 134,1 juta dolar dari penjualan tiket hingga satu pekan ke depan. Mission; Impossible"  secara keseluruhan meraih 300 juta dolar AS di pasar internasional.

"Sherlock Holmes: A Game of Shadows", sekuel film populer 2009 "Sherlock Holmes", tetap berada di posisi kedua dengan pemasukan 22,1 juta dolar AS, dan selama 17 hari meraih 132,1 juta dolar AS.

"Alvin and the Chipmunks: Chipwrecked", film paling akhir Fox dalam franchise "Alvin and the Chipmunks", mempertahankan posisi ketiga dalam box office Amerika Utara --yang didudukinya pada akhir pekan sebelumnya-- dengan proyeksi penjualan 18,3 juta dolar AS selama akhir pekan tersebut. Film itu diperkirakan memperoleh 94,6 juta dolar dalam tiga pekan, demikian laporan Xinhua.
(C003)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan