Selasa, 29 November 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Tidak ada kabel "hanger" putus saat ambruknya Jembatan Kukar

Posted: 29 Nov 2011 06:55 AM PST

Jembatan penghubung Samarinda-Tenggarong di Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang ambruk pada Sabtu (26/11). (ANTARA/Amirullah)

Berita Terkait

Bandung (ANTARA News) - Berdasarkan kondisi terakhir tidak ditemukan bukti adanya kabel gantungan disambungkan (hanger) yang putus saat ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur,  kata Guru Besar Rekayasa Struktur di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bambang Budiono.

"Tidak ditemukan bukti ada kabel hanger atau yang disambungkan yang putus, karena yang bermasalah justru terdapat pada klem atau penyambungnya," ujarnya dalam jumpa pers di Ruang Rapim Gedung Rektorat ITB, Bandung, Selasa.

Dari kajian tersebut, lanjut Bambang, dapat dikatakan telah terjadi pelanggaran dalam kaidah teknik sipil karena seharusnya alat penyambung (klem) harus lebih kuat dari yang disambungkan (hanger).

Bambang menjelaskan, hanger berfungsi sebagai penyalur beban dari kabel utama ke tiang utama kemudian disalurkan ke pondasi.

"Jadi, kalau pun putus harusnya kabel hanger-nya yang putus, bukan klem. Nah, ini kan klemnya yang bermasalah," katanya.

Dalam pembangunan jembatan gantung terdapat dua struktur pembentuk, yaitu struktur atas berkaitan dengan klem, kabel hanger dan deck, kemudian struktur bawah berkenaan dengan pondasi.

Namun, ia mengemukakan, dari hasil temuan sementara dari peristiwa ini tidak ditemukan masalah dalam pondasi jembatan.

Bambang juga mengemukakan, kuat dugaan penyebab utama terletak pada struktur atas, yakni masalah klem yang gagal berfungsi dalam mencengkeram kabel vertikal penghubung dek jembatan dengan kabel suspensi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Keahlian Rekayasa Struktur, Iswandi Imran, menuturkan bahwa terdapat dua dugaan yang mengakibatkan jembatan sepanjang total 710 meter, yang 270 meter di antaranya tanpa penyangga, itu ambruk, yaitu adanya kesalahan prosuder dalam proses penggantungan jembatan, dan hilangnya kekuatan material lantaran material yang tidak sesuai standar.

Iswandi menuturkan, jika dilihat dari standar usia, maka seharusnya jembatan Kukar yang sudah menginjak usia 10 tahun ini bisa bertahan hingga 75 tahun.

"Peristiwa ini bisa terjadi karena terdapat kesalahan, entah itu dalam proses perencanaan, pelaksanaan, penggunaan, perawatan, atau masa pakai bangunan. Ini yang harus dikaji lebih lanjut," katanya.

Meski demikian, baik Bambang maupun Iswandi menegaskan, sebaiknya masyarakat jangan dulu menarik kesimpulan dari peristiwa ini.

"Terlalu dini untuk menyimpulkan karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Kalau pun kami sudah menemukan jawabannya, maka kami akan segera publikasikan pada publik," demikian Bambang. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tidak ada "hanger" putus pada ambruknya jembatan

Posted: 29 Nov 2011 06:48 AM PST

(ANTARA/Amirullah)

Berita Terkait

Bandung (ANTARA News) - Guru Besar Rekayasa Struktur Institut Teknologi Bandung, Bambang Budiono menyatakan, tidak ditemukan bukti adanya kabel "hanger" yang putus dalam peristiwa ambruknya jembatan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

"Tidak ditemukan bukti ada kabel `hanger` atau yang disambungkan yang putus karena yang bermasalah justru terdapat pada `klem` atau penyambungnya," kata Bambang dalam jumpa pers di Ruang Rapim Gedung Rektorat ITB, Bandung, Selasa.

Dari kajian tersebut, lanjut Bambang, dapat dikatakan telah terjadi pelanggaran dalam kaidah teknik sipil karena seharusnya alat penyambung (klem) lebih kuat dari yang disambungkan (hanger).

Bambang menjelaskan, "hanger" berfungsi sebagai penyalur beban dari kabel utama ke tiang utama kemudian disalurkan pada pondasi.

"Jadi kalau pun putus harusnya kabel `hanger`-nya yang putus, bukan `klem`. Nah, ini kan `klem`-nya yang bermasalah," katanya.

Dalam pembangunan jembatan gantung terdapat dua struktur pembentuk, yaitu struktur atas berkaitan dengan `klem`, kabel `hanger` dan deck dan struktur bawah berkenaan dengan pondasi.

Namun, dari hasil temuan sementara dari peristiwa ini tidak ditemukan masalah dalam pondasi jembatan.

Bambang juga menambahkan, kuat dugaan penyebab utama terletak pada struktur atas, yakni masalah "klem" yang gagal berfungsi dalam mencengkeram kabel vertikal penghubung dek jembatan dengan kabel suspensi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Keahlian Rekayasa Struktur Iswandi Imran menuturkan, terdapat dua dugaan yang mengakibatkan jembatan ini ambruk, yaitu adanya kesalahan prosedur dalam proses penggantungan jembatan dan hilangnya kekuatan material karena material yang tidak sesuai standar.

Iswandi menuturkan, jika dilihat dari standar usia seharusnya jembatan Kukar yang sudah menginjak usia 10 tahun ini bisa bertahan hingga 75 tahun.

"Peristiwa ini bisa terjadi karena terdapat kesalahan entah itu dalam proses perencanaan, pelaksanaan, penggunaan, perawatan atau masa pakai bangunan. Ini yang harus dikaji lebih lanjut," katanya.

Meski demikian, baik Bambang maupun Iswandi menegaskan, sebaiknya masyarakat jangan dulu menarik kesimpulan dari peristiwa ini.

"Terlalu dini untuk menyimpulkan karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Kalau pun kami sudah menemukan jawabannya kami akan segera publikasikan pada publik," kata Bambang.
(ANT-277)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan