Selasa, 29 November 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Daniel Radcliffe selebriti muda terkaya di Inggris

Posted: 28 Nov 2011 09:59 PM PST

Daniel Radcliffe (REUTERS/Lucas Jackson/djo/11)

Berita Terkait

London (ANTARA News) - Bintang "Harry Potter" Daniel Radcliffe, Selasa, berada di posisi puncak daftar selebriti muda terkaya 2011 versi Majalah Heat. Dia juga kembali mempertahankan posisi nomor satunya dalam peringkat orang terkaya di bawah 30 tahun.

Robert Pattinson, aktor utama "Twilight" --film waralaba fantasi pesaing "Harry Potter"-- bergeser ke posisi tiga dari posisi lima tahun sebelumnya, mengungguli dua rekan Radcliffe dalam serial populer "Harry Potter", yaitu Emma Watson dan Rupert Grint, menurut majalah selebriti itu.

Aktris Keira Knightley, yang membintangi sejumlah film "Pirates of the Caribbean", tetap berada di posisi dua dalam daftar itu, sementara itu penyanyi muda, Adele, tercatat sebagai pendatang baru dengan posisi tertinggi yaitu 16 dalam daftar selebriti terkaya yang berusia di bawah 30 tahun.

Radcliffe (22) yang berperan sebagai bocah penyihir dalam film adaptasi dari karya laris J.K. Rowling, memperoleh 51,8 juta pound (80 juta dolar AS) selama karir filmnya, menurut perkiraan Majalah Heat. Pendapatan aktor Inggris itu pada 2011 adalah 6,1 juta pound lebih besar dibandingkan pada tahun 2010.

Pendapatan total Keira Knightley diperkirakan mencapai 30, 9 juta pound atau setara dengan 47,8 juta dolar AS, jauh lebih besar daripada Robert Pattinson yang mengantongi 24,9 juta pound atau 38,5 juta dolar AS, serta Emma Watson dan Rupert Grint yang masing-masing memperoleh 23,9 juta pound dan 21,7 juta pound.

Penyanyi berbakat Adele, yang album keduanya, "21", diperkirakan akan menjadi album dengan penjualan terbesar di dunia tahun ini, masuk dalam daftar selebriti muda terkaya itu di posisi 16, dengan kekayaan sebesar 7,7 juta pound.

Tiga bintang muda yang keluar dari daftar tersebut tahun ini adalah bintang opera Katherine Jenkins dan model Kelly Brook yang telah berusia lebih dari 30 tahun dan penyanyi Amy Winehouse, yang tahun lalu berada di peringkat 15, karena meninggal dunia pada bulan Juli.
(G003)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

"Suran tutup ngisor" ungkapan syukur petani Merapi

Posted: 28 Nov 2011 09:16 PM PST

Magelang (ANTARA News) - Tradisi "Suran Tutup Ngisor" di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dikemas oleh seniman petani setempat sebagai ungkapan syukur petani atas kesuburan kawasan Gunung Merapi.

"Tradisi itu akan menjadi kesempatan kami menyampaikan sedekah, ungkapan terima kasih atas Bumi Merapi yang membawa kesuburan," kata pemimpin komunitas seniman petani Padepokan Tjipto Boedoyo Tutup Ngisor di kawasan barat Gunung Merapi, Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sitras Anjilin di Magelang, Selasa.

Rangkaian tradisi perayaan Tahun Baru Jawa, Sura, oleh komunitas setempat rencananya pada 8-11 Desember 2011 antara lain ditandai dengan penataan kompleks padepokan yang berdiri pada 1937 itu, kenduri, tirakatan, pentas wayang sakral, kirab jatilan, dan pementasan berbagai kesenian tradisional.

Ia mengatakan, di panggung pementasan wayang orang di pendopo padepokan itu bakal dipasang puluhan macam sesaji terutama berasal dari hasil pertanian di sekitar padepokan yang didirikan oleh Romo Yososudarmo (almarhum).

"Itu salah satu wujud kami, keluarga besar padepokan mengungkapkan syukur atas pertanian yang melimpah di Merapi ini," katanya.

Selain itu, katanya, wayang orang sakral berjudul "Lumbung Tugu Mas", menceritakan perjuangan keluarga Pandawa membangun lumbung yang akan dimainkan oleh para seniman petani setempat juga tidak lepas dari spirit Dewi Sri sebagai lambang kesuburan dalam budaya Jawa.

Puncak perayaan tradisi "Suran Tutup Ngisor" bertepatan dengan 15 Sura atau bulan purnama, yang akan jatuh pada 10 Desember 2011.

"Suran Tutup Ngisor" salah satu di antara empat tradisi yang harus dijalani komunitas itu setiap tahun. Tiga lainnya yakni perayaan Idul Fitri, Maulud Nabi Muhammad, dan HUT RI.

Komunitas seniman petani padepokan itu berbasis tradisi kesenian wayang orang.

Ia mengemukakan, letusan Gunung Merapi yang disusul dengan banjir lahar melalui berbagai aliran sungai, termasuk Kali Senowo yang salah satu alurnya tak jauh dari Padepokan Tjipto Boedoyo Tutup Ngisor, tidak semata-mata dipandang sebagai peristiwa bencana.

Tetapi, katanya, aktivitas terkait dengan Merapi tersebut juga menjadi sumber kemakmuran masyarakat, inspirasi nilai kearifan lokal, dan khasanah seni budaya.
(M029*H018)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan