Isnin, 19 September 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Sedikitnya 140 Polisi Amankan GCF

Posted: 19 Sep 2011 08:11 AM PDT

Governors Climate and Forests

Sedikitnya 140 Polisi Amankan GCF

Dwi Bayu Radius | Marcus Suprihadi | Senin, 19 September 2011 | 15:11 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Sedikitnya 140 polisi siap mengamankan pertemuan para gubernur sedunia yang membahas iklim dan kehutanan (Governors Climate and Forests/GCF) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pertemuan tingkat dunia yang rencananya dihadiri sekitar 200 gubernur dari seluruh dunia itu akan digelar pada 19-24 September 2011.

Direktur Sabhara Kepolisian Daerah Kalteng Komisaris Besar Aan Suhanan di Palangkaraya, Senin (19/9/2011), mengatakan, pihaknya telah menugaskan 40 polisi untuk mengamankan GCF. Mereka akan melakukan berbagai tugas seperti patroli, mengatur lalu lintas, serta pengamanan pejabat dan lokasi penting.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangkaraya Ajun Komisaris Besar Polisi Andreas Wayan mengatakan, pihaknya mengerahkan 100 polisi untuk ditempatkan antara lain di Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut Palangkaraya, lokasi pertemuan, dan jalur yang dilalui para peserta GCF.

"Kami sudah berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Kota Palangkaraya yang menugaskan satuan polisi pamong praja dan petugas dinas p erhubungan," ujarnya. Menurut Wali Kota Palangkaraya Riban Satia, pihaknya sebagai tuan rumah GCF sudah siap dan sejauh ini prosesnya berlangsung lancar.

 

Sabhara Kalteng Siap Amankan Kobar

Posted: 19 Sep 2011 08:03 AM PDT

Pilkada Kota waringin Barat

Sabhara Kalteng Siap Amankan Kobar

Dwi Bayu Radius | Marcus Suprihadi | Senin, 19 September 2011 | 15:03 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Sebanyak 107 anggota Sabhara Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah siap mengamankan situasi Kabupaten Kotawaringin Barat jika diperlukan. Potensi konflik di kabupaten itu muncul seiring sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada) yang belum usai hingga saat ini.

"Peran kami adalah back up (mendukung) kewilayahan. Jadi, harus siap," kata Direktur Sabhara Polda Kalteng Komisaris Besar Aan Suhanan di Palangkaraya, Senin (19/9/2011).

Pilkada Kotawaringin Barat (Kobar) sudah berlangsung setahun, namun pelantikan bupati dan wakil bupati belum juga digelar. Dalam putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada pertengahan tahun 2010, pasangan Sugianto-Eko Soemarno yang unggul dalam perolehan suara, didiskualifikasi. Kementerian Dalam Negeri lalu menetapkan Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto sebagai pasangan kepala daerah Kobar, sehingga memicu perselisihan.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kobar dikabarkan berlangsung dalam waktu dekat, tetapi tanggal dan tempatnya belum dipastikan. "Kapan pun diperintahkan, kami siap dipanggil untuk mengamankan. Mau tengah malam juga bisa. Semua personil siaga. Kami juga melakukan latihan rutin," ujarnya.

Sebagai bentuk kesiapan, Sabhara Polda Kalteng telah melakukan pengecekan rutin tadi pagi sekitar pukul 08.00-09.00. Pengecekan dilakukan terhadap kelengkapan personil antara lain mobil water cannon, kendaraan sound system, tameng, obat-obatan, rompi, dan dua anjing penjaga keamanan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan