Khamis, 15 September 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Ternak Rusa Terbentur Aturan

Posted: 15 Sep 2011 08:29 AM PDT

Ternak Rusa Terbentur Aturan

Erwin Edhi Prasetyo | Nasru Alam Aziz | Kamis, 15 September 2011 | 15:29 WIB

MERAUKE, KOMPAS.com -- Upaya menternakkan rusa terbentur aturan yang belum mengizinkan satwa itu untuk diternakkan, seperti halnya sapi maupun kambing. Karena itu, hingga kini rusa belum bisa diternakkan secara masal untuk memenuhi kebutuhan daging rusa.

"Dari sisi aturan pemerintah pusat, rusa tidak termasuk hewan ternak namun satwa yang dilindungi, sehingga tidak bisa diternakkan seperti ternak lain, sapi atau kambing," ungkap Kepala Dinas Peternakan Merauke Hanok Untajana, Kamis (15/9/2011) di Merauke, Papua.

Ia mengatakan, sebenarnya potensi pengembangan peternakan rusa di Merauke cukup menjanjikan, karena permintaan daging rusa selama ini relatif besar. Daging rusa juga digemari karena lebih rendah kolesterol.

"Memelihara rusa tidak rumit, seperti ternak sapi atau kambing saja. Pakannya dari daun cukup. Rusa juga tidak gampang terserang penyakit," katanya.

Meski terkendala aturan, menurut Hanok, sudah ada beberapa orang yang secara individu mencoba menangkarkan rusa.

Sebelumnya, anggota DPRD Merauke Heni Astuti Suparman mengingatkan Pemkab Merauke untuk mulai mengembangkan peternakan rusa. Permintaan daging rusa yang tinggi telah memicu perburuan rusa di Merauke sehingga satwa tersebut semakin terancam punah.

Gresik Mulai Pasok Air Bersih

Posted: 15 Sep 2011 08:28 AM PDT

Kekeringan

Gresik Mulai Pasok Air Bersih

Adi Sucipto | Marcus Suprihadi | Kamis, 15 September 2011 | 15:28 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Gresik, Kamis (15/9/2011), mulai memasok air bersih ke daerah kekeringan yang kesulitan air bersih. Saat ini, disiapkan delapan truk tangki air berkapasitas masing-masing 5.000 liter. Air bersih didistribusikan ke Kecamatan Benjeng.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Gresik menyebutkan, saat ini tercatat 108 desa di delapan kecamatan yang mengajukan bantuan air bersih. Kepala BPPD Gresik Hari Sucipto menyebutkan, setiap hari ada 10 armada yang dikerahkan. Nantinya satu truk tangki layani satu kecamatan.

"Yang jauh bisa dua rit yang dekat bisa hingga empat rit," katanya.

Untuk daerah Bungah diambilkan air dari Yosowilangun, Dukun, dan Sidayu dari Manyar. Wilayah Benjeng diambilkan dari Cerme, sedangkan Kedamean dan Balongpanggang dari Lamongan. "Kami ambil air bawah tanah," katanya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan