Khamis, 15 September 2011

KOMPASentertainment

KOMPASentertainment


Hanung: "?"Justru Laku di Luar Negeri

Posted: 16 Sep 2011 01:34 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com- Sutradara film Hanung Bramantyo bersyukur karena film "?" yang dikecam dan dilarang oleh MUI justru laku di luar negeri. Hanung yang ditemui saat acara nonton bareng "?" di kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Kamis (15/9/2011) malam, mengaku mendapat apresiasi di luar negeri.

"Film "?" sudah diputar di Singapura, Australia, dan Kanada. Saya membuktikan gambaran Islam yang moderat dan damai dalam film tersebut," ujar Hanung.

Dia menceritakan, sejumlah pihak dari negara lain seperti di Eropa sedang menjajaki kemungkinan pemutaran film tersebut.

Film Hanung mengangkat tema keberagaman, kebebasan beragama, dan ada cerita keberanian serta kepahlawanan seorang anggota Barisan Serbaguna (Banser) NU yang rela mati saat mengamankan bom yang dipasang di sebuah gereja. Akhir film Hanung ditutup dengan rekonsiliasi dari konflik yang terjadi di antara tokoh-tokohnya yang berbeda latar sosial, suku dan keyakinan.

"Semuanya sebetulnya saya buat berdasar kisah nyata dalam hidup saya dan lingkungan," kata Hanung.

Maudy Kusnaedi Jadi Zaenab Lagi?

Posted: 15 Sep 2011 04:20 PM PDT

KOMPAS.com - Bagi Maudy Kusnaedy, berkumpul dan main bareng bersama segenap kru sinetron Si Doel Anak Betawi, merupakan pengalaman yang amat menyenangkan, sebab mereka semua sudah seperti keluarga.

Namun, mengingat kondisinya yang jauh berbeda dengan ketika bermain dalam sinetron tersebut, ia menyatakan masih berpikir soal kelanjutan Si Doel bila akan dibuat serial sinetron lagi.

"Aduh gimana ya, kalau harus shooting untuk striping rasanya berat buat aku. Keadaanku sekarang kan berbeda. Waktu shooting Si Doel Anak Sekolahan tahun 1994, aku belum menikah. Sekarang aku punya kesibukan lain dan sudah punya anak," jelas Maudy yang ditemui usai nonton pertunjukan Sa'unine String Orchestra di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (15/9/2011) malam ini.

Beberapa waktu lalu, aktor Rano Karno membuat ceritera lanjutan Si Doel Anak Betawi yakni Si Doel Anak Pinggiran. Rano yang kini menjadi Wakil Bupati Tangerang, Banten menyerahkan penyutradaraannya kepada sutradara muda Ario Robit.

Shooting dilakukan selama seminggu di kawasan Ciputat. "Kondisi tempat shooting sudah jauh berubah dibanding dulu. Kan rumah yang dulu digunakan untuk pengambilan gambar sekarang jadi rumahnya bang Rano," kata pemeran Zaenab itu.

Sekalipun tempat shooting harus dibuat lagi agar sama seperti dulu tetapi ia mengaku tak kesulitan kembali memerankan sosok Zaenab. Kehadiran Aminah Cendrakasih yang berperan sebagai emak si Doel dan TB Maulani Husni (menjadi Rohim, ayah Zaenab), Suti Karno dan lainnya membuat Maudy lebih mudah mengenang sosok Zaenab.

"Kehadiran tokoh-tokoh sepuh kayak emak dan babe Maulana membuat aku terharu. Mereka masih penuh semangat untuk shooting," lanjutnya lagi. Jadi, akankah Maudy tetap bisa memerankan Zaenab dalam serial sinetron yang baru nanti, ia menyatakan belum bisa memastikan.

"Yang jelas bagaimanapun Bang Rano lewat Si Doel Anak Betawi yang membukakan dunia entertainment bagi saya.... tapi kondisi saya sekarang begini...," ujarnya. 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan