Ahad, 21 Ogos 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


22 tim ikuti Lomba Puisi Gus Dur

Posted: 21 Aug 2011 06:31 AM PDT

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar. (ANTARA)

Berita Terkait

Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 22 tim dari berbagai daerah di Jawa Timur mengikuti Lomba Syiir (puisi Islami) yang biasa dilantunkan almarhum mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Lomba yang digelar DKW Garda Bangsa PKB Jatim itu dibuka Ketua Umum DPP PKB H Muhaimin Iskandar dengan menabuh alat musik tong tong di halaman Kantor DPW PKB Jatim, Minggu.

"Kegiatan ini penting untuk meneruskan warisan perjuangan NU, para wali, dan para masyayikh yang berhasil meng-Islamkan Jawa secara budaya," kata Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin itu.

Menurut salah seorang keponakan Gus Dur itu, strategi para ulama NU yang berhasil menyiarkan agama lewat budaya itu dilakukan dengan memasukkan nilai agama dalam olah rasa seperti shalawat, syiir, pujian, dan seni budaya lainnya.

"Bahkan, strategi itu juga efektif ketika Indonesia berhasil memadukan kehidupan bergama dengan demokrasi yang modern. Karena itu lomba kali ini merupakan upaya untuk meneladani para ulama dalam memadukan agama dengan kehidupan, termasuk Gus Dur," katanya.

Sementara itu, Ketua DKW Garda Bangsa Jatim H Zaini Nashiruddin menjelaskan, lomba yang diikuti 22 tim peserta lomba dari DKC dan masyarakat umum itu bertujuan untuk memeriahkan Ramadhan 1432 H dan kegiatan Garda Bangsa dalam menyapa kaum muda.

"Akhir-akhir ini syiir yang dilantunkan Gus Dur itu sering terdengar di beberapa mushala pada setiap menjelang Maghrib, tapi syiir itu sebenarnya merupakan ciptaan KH Nidzom Mustofa dari Sidoarjo," katanya.

Ia mengatakan peserta lomba berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Mojokerto, Jombang, Gresik, Bojonegoro, Tuban, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan sebagainya.

"Mereka akan berlomba hingga pukul 24.00 WIB, karena itu peserta akan berbuka puasa dan sahur bersama dengan jajaran DKW Garda Bangsa PKB Jatim. Intinya memang bukan sekadar berkompetisi, tapi bersilaturrahmi," katanya.

Acara yang digelar secara lesehan di halaman Kantor DPW PKB Jatim itu juga dihadiri Sekjen DPP PKB H Imam Nahrawi yang juga masih menjabat Ketua DPW PKB Jatim serta jajaran DPP PKB dan DPW PKB Jatim.

(T.E011/I007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Glenn Fredly fasilitasi Rumah Beta untuk seniman

Posted: 21 Aug 2011 01:01 AM PDT

Glenn Fredly. (ANTARA)

Berita Terkait

Ambon (ANTARA News) - Musisi ternama asal Maluku, Glenn Fredly, memfasilitasi sebuah rumah untuk para seniman kota Ambon yang diberi nama "Rumah Beta". Rumah tersebut terletak di negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe kota Ambon.

"Rumah Beta" kita jadikan sebagai bengkel seni bagi para seniman di kota Ambon dan Maluku. Seniman siapa saja dapat menggunakan Rumah Beta, mau berlatih nyanyi, lukis, puisi, tari sampai bedah buku silahkan menggunakan rumah tersebut," kata Glenn kepada ANTARA News, di Ambon, Minggu.

Menurut Glenn, tujuan pendirian "Rumah Beta" agar seniman asal daerah ini bisa menghasilkan berbagai karya seni terbaik dan mampu mengharumkan nama Maluku baik nasional maupun internasional di bidang seni dan budaya," ujarnya

"Ide membuat 'Rumah Beta' sangat sederhana, setiap pulang ke Ambon saya melihat banyak teman-teman berlatih vokal, puisi di emperan kantor, rumah ibadah dan di taman mempersiapkan diri mengikuti sebuah lomba," katanya.

Ia mengakui bakat seni generasi muda kota Ambon dan Maluku cukup banyak terutama bidang tari suara, sayangnya belum ada fasilitas yang dijadikan tempat untuk berlatih.

"Rumah Beta" akan dilengkapi dengan bebagai sarana pendukung seperti studio rekaman serta berbagai peralatan seni.Saya berharap lewat Rumah Beta akan lahir seniman terkenal dari daerah ini, terutama penyanyi,"ujar Glenn.

Glenn mengungkapkan, Rumah Beta juga setiap bulannya akan menggelar konser seni untuk menghibur warga kota terutama warga negeri Amahusu.

"Kita sudah menjdawalkan kegiatan konser seni satu bulan sekali oleh teman-teman seniman baik itu penyanyi lokal, kelompok Band, sanggar tari, " kata Glenn menjelaskan.

"Rumah Beta" juga akan dijadikan sebagai tempat persiapan pagelaran konser "Beta Maluku" yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang kecamatan Sirmau tanggal 2 Oktober 2011.

Konser "Beta Maluku" didukung lebih dari seratus orang seniman terdiri dari penyanyi, musisi, penari dan budayawan asal Maluku

Glenn Fredly yang menyutradarai Konser Beta Maluku mengakui, sejumlah artis terkenal asal daerah ini yang sudah memastikan diri untuk hadir pada konser tersebut antara lain Bob Tutupoly, Beny Likumahua, Harvey Malaiholo, Jopi Lattul, George Lewakabessy, Barry Likumahua, Aldi Likumahua dan Audry Papilaya, juga ambil bagian dalam konser bertajuk Nyanyian Damai untuk Indonesia itu.

Konser Beta Maluku juga didukung oleh tim kreatif Butet Kartaredjasa, Agus Noor, dan Djaduk Ferianto.

Beta Maluku juga didukung desainer busana Samuel Watimena dan para seniman Maluku yakni Bing Leiwakabessy, Zeth Lekatompessy, dan MC-komedian yang popular di Maluku, Om Koko.

Juga akan tampil kelompok Haunesa Etnika dan Rence Alfons, Maluku Hiphop Community (MCH), Mariony Saherlawan, Muhamad Irfan dan Bengkel Sastra Maluku, Paduan Suara Effata dan puluhan penari serta kolaborasi paduan suling dan musik hadrat. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan