Jumaat, 22 Julai 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Teror Osama Pindah ke Papan Catur

Posted: 22 Jul 2011 07:14 AM PDT

KABUL - Sekilas permainan catur yang dimiliki oleh prajurit Amerika Serikat (AS) ini sama seperti papan catur pada umumnya. Tetapi ketika dilihat seksama, ternyata bidak caturnya ada yang berbentuk Osama bin Laden.


"Terror Chess" atau "Catur Teror" menjadi permainan yang sering dimainkan oleh prajurit AS yang bertugas di Afghanistan. Bidak caturnya dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk tokoh Osama bin Laden, Presiden AS hingga gedung World Trade Center yang sudah rata dengan tanah.


Beberapa versi catur ini dimodifikasi menjadi versi pasukan AS atau pasukan Inggris. Tetapi lawannya adalah Osama bin Laden. Demikian diberitakan Daily Mail, Jumat (22/7/2011).


Tidak hanya bidak catur yang unik, papan caturnya pun dibuat tidak biasa. Tampak pada permukaan papan catur digambar peta wilayah negara Afghanistan.


Papan catur penuh kontroversi ini dibagi dalam dua versi. Versi Amerika, bidak raja disimbolkan sebagai Presiden AS, sementara ratu disimbolkan sebagai patung Liberty. Sementara dua bidak gajah diartikan sebagai penembak jitu AS dan dua bidak kuda dibentuk sebagai prajurit angkatan darat AS.


Dua bidak terakhir yang melengkapi catur AS ini adalah benteng yang dibentuk sebagai gedung World Trade Center yang runtuh dalam serangan teroris 2001 silam. 


Sementara perbedaan pada bidak catur Inggris, hanya terletak pada raja dan ratu serta benteng. Raja pada papan catur Inggris diartikan sebagai Perdana Menteri David Cameron dan ratunya adalah Ratu Inggris. Sedangkan benteng dibentuk seperti Menara London.


Kedua versi catur AS dan Inggris ini memiliki lawan yang sama yaitu Osama bin Laden. Bisa diartikan lawan catur AS dan Inggris adalah kelompok Al Qaeda dan Taliban. 

Pada bidak raja dibentuk seperti Osama bin Laden, sedangkan ratu adalah perempuan yang menggunakan burka. Sementara bidak gajah, kuda dan benteng dibentuk menjadi ulama, pelaku bom bunuh diri dan militan yang dilengkapi pelontar granat.


Papan catur yang dibuat oleh Hobby Leisur Manufacturing ini adalah buah pikiran Jeffrey Train dari Kanada. Train adalah pemilih perusahaan yang juga mantan prajurit Kanada.


Kini, permainan itu laku keras dikalangan prajurit koalisi yang bertugas di Afghanistan. Mereka kerap memainkannya di waktu senggang. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

AS Tunda Kepindahan Komandan Hisbullah ke Irak

Posted: 22 Jul 2011 06:10 AM PDT

BAGHDAD - Amerika Serikat (AS) menunda rencana pemindahan komandan Hisbullah yang mereka tahan di Irak. Rencananya, komandan Hisbullah tersebut akan dialihkan kepada Pemerintah Irak.


Keputusan AS ini dilontarkan oleh Kementerian Kehakiman Irak, yang mengaku mendapatkan kepastian dari pihak Negeri Paman Sam. Penundaan atas kepindahan Ali Mussa Daqduq ini disebabkan permintaan 20 Senator AS, yang memerintahkan untuk menahan transfer Ali Mussa Daqduq kepada pihak Irak.


Penundaan perpindahan tahanan ini tentunya amat mengejutkan. Hanya dua hari yang lalu, juru bicara Kementerian Kehakiman Irak Haidar al-Saadi mengatakan bahwa AS akan memindahkan Daqduq ketangan Irak.


Sepertinya ketidakpercayaan Senator AS atas kinerja penegak hukum Irak menjadi alasan utama penundaan ini. Para senator itu mengkhawatirkan bahwa saat pemindahan itu, Daqduq dapat melarikan diri atau bahkan dibebaskan oleh Pemerintah Irak.


Militer AS yang bertugas di Irak menahan Daqduq sejak 2007 lalu. Dirinya dituduh memberikan pelatihan terhadap militan Irak yang menargetkan pada prajurit AS. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (22/7/2011).


Daqduq sendiri adalah salah satu dari 10 orang tahanan yang mesti dipindahkan AS kepada pihak berwenang Irak. Bila tidak dipindahkan, Daqduq harus diadili oleh AS.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan