Rabu, 20 Julai 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Jerman Paksa Thailand Bayar Uang Tebusan Jet Pangeran

Posted: 20 Jul 2011 07:27 AM PDT

FRANKFURTPengadilan Jerman mengeluarkan putusan kepada Pemerintah Thailand untuk membayar 20 juta euro atau sekira Rp242,3 miliar (Rp12,119 per euro), agar pesawat milik Putera Mahkota Thailand dapat dibebaskan.


Pekan lalu, pihak berwenang Jerman menahan pesawat Boeing 737 milik Pangeran Maha Vajiralongkorn. Penahanan ini terkait utang yang dimiliki Pemerintah Thailand kepada perusahaan konstruksi Jerman Walter Bau, saat pembangunan jalan di Bangkok.


Pemerintah Thailand sendiri menganggap putusan tersebut sebagai kesalahan besar. Pemerintah Negeri Gajah Putih ini sempat mengirimkan delegasi ke Berlin untuk menjelaskan bahwa pesawat tersebut milik pangeran bukan pemerintah. Demikian diberitakan Reuters, Rabu (20/7/2011).

Pemerintah Thailand mengirim Menteri Luar Negeri Kasit Piromya untuk mengusahakan pembebasan dari pesawat tersebut. 


Kasit menilai, penyitaan yang dilakukan ini sebagai sebuah kesalahan besar. Menurutnya, bila tidak ketemu jalan keluar maka tidak mustahil hubungan Thailand dan Jerman dapat terganggu.

Pengadilan Bavaria mengatakan pembayaran uang sekira Rp242,3 miliar ini dianggap sesuai dengan nilai pesawat tersebut. Namun putusan ini belum disertai mengenai kepemilikan dari pesawat pribadi Putera Mahkota Kerajaan Thailand tersebut. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pejuang Palestina Minta Rakyatnya Turun ke Jalan

Posted: 20 Jul 2011 06:12 AM PDT

RAMALLAH - Salah seorang pemimpin perjuangan Palestina mengimbau rakyatnya untuk turun ke jalan, melakukan protes mendukung berdirinya negara Palestina. Seruannya ini dilayangkan di dalam penjara.


Menurut Marwan Barghouti, protes yang menyebar di dalam dan di luar wilayah Palestina, akan memperkuat dukungan berdirinya negara Palestina. Hal ini juga terkait dengan rencana Persiden Mahmoud Abbas meminta pengakuan PBB pada September mendatang.


Bisa jadi seruan Barghouti akan diikuti oleh rakyat Palestina. Pria berusia 51 tahun tersebut memang dikagumi oleh sebagian besar warga Palestina. Ia dikenal dalam memimpin perlawan Palestina menghadapi Israel. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (20/7/2011).


Saat ini Barghouti menjalani proses masa tahanan atas tuduhan terorisme. Ia ditangkap oleh Militer Israel di Ramallah 2002 silam. Israel menuduhnya melakukan pembunuhan terhadap warga sipil Israel.


Barghouti sendiri menolak untuk melakukan pembelaan atas tuduhan yang dilayangkan kepadanya. Dirinya bersikeras bahwa pengadilan terhadapnya ilegal dan tidak memiliki legitimasi yang kuat.


Meski saat ini mendekam di penjara, Barghouti masih memiliki pengaruh besar atas kelompok Fatah. Tersebar kabar dirinya menjadi calon kuat untuk menggantikan Mahmoud Abbas sebagai Presiden Palestina.


Menyusul pembentukan Negara Palestina Merdeka upaya negosiasi damai masih terus diupayakan oleh Palestina dan Israel. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya menegaskan pihaknya siap untuk melakukan negosiasi untuk perdamaian.


Netanyahu mengatakan pihaknya siap melakukan perundingan damai di Palestina di Yerusalem ataupun di Ramallah. PM Israel itu mengaku siap untuk melakukan negosiasi damai ini secepatnya. 


Namun di saat bersamaan, Netanyahu menyalahkan kekisruhan dalam tampuk kepemimpinan Palestina yang menjadikan proses negosiasi terhenti.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan