Isnin, 4 Julai 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Diikuti 17 Negara JSC 2011 Berlangsung Sukses

Posted: 04 Jul 2011 06:46 AM PDT

Sleman (ANTARA News) - Kegiatan kemah budaya "Java Summer Camp 2011" yang diselengarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman pada 1-3 Juli 2011 di Bumi Perkemahan Ratu Boko berlangsung sukses dan diikuti 270 peserta dari 17 negara.

"Kegiatan kemah budaya "Java Summer Camp" (JSC) 2011 ini diikuti 69 peserta manca negara dan 201 peserta domestik," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Untoro Budiharjo, Senin.

Menurut dia, 17 negara tersebut meliputi Thailand, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, China, Gambia, Slovakia, Latvia, Namibia, Afrika Selatan, Madagaskar, Canada, Timor Leste, Vanuadu, Jepang dan Indonesia.

"Sedangkan peserta domestik berasal dari berbagai daerah yang meliputi Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, Madura, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tuan rumah Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, JSC 2011 ini mengambil tema "Love Our Culture" ini menampilkan berbagai kegiatan seperti "cooking class" dengan Tabloid Nova, trekking, dan pertunjukan budaya selama kegiatan ini berlangsung.

Selain itu juga ada dialog budaya dan workshop. Pembicaranya Prof Dr Timbul Haryono, MSc dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr Ike Junita Dewi dari Universitas Sanatha Darma Yogyakarta, Pudji Andrijanto dari Kelompok Informasi Masyarakat Purwoagung Kota Malang, serta fotografer internasional asal spanyol Diego Verges.

"Para peserta juga diajak untuk menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana di panggung terbuka Candi Prambanan serta `famtrip` ke objek wisata di Sleman," katanya.

Untoro mengatakan, salah satu peserta asal Gambia Ebrima Sarrs dan peserta asal Slovakia Duzan Kmett yang telah tiga kali mengikuti JSC sejak 2009 mengungkapkan bahwa kemasan acara dari tahun ke tahun semakin meningkat dan semakin berkualitas.

"Pesertanya pun semakin banyak dan semakin berkualitas pula, apalagi peserta asingnya juga semakin banyak. Kami berharap even JSC dapat menjadi salah satu ikon kepariwisataan di Yogyakarta yang mampu mengangkat citra Yogyakarta di skala dunia," katanya.(*)

(T. V001/S019)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Briptu Norman Diserbu Ribuan Peserta Jumbara PMR

Posted: 04 Jul 2011 05:48 AM PDT

Briptu Norman Kamaru. (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Berita Terkait

Gorontalo (ANTARA News) - Briptu Norman Kamaru yang melejit lewat goyang chaiya-chaiya di Youtube, diserbu ribuan peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional Palang Merah Remaja (PMR) VII di Bumi Perkemahan Bongohulawa, Gorontalo, Senin.

Para remaja yang baru usai melaksanakan upacara pembukaan Jumbara, lari mendekati Norman yang tampil mengenakan baju PMI di samping Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla.

Masyarakat yang menonton pun akhirnya menyerbu lapangan, saat panitia mengumumkan adanya senam chaiya-chaiya.

Para pesenam yang tampil berpakaian ala brimob dikerahkan, untuk melakukan senam chaiya-chaiya bersama Briptu Norman.

Norman akhirnya terpaksa tampil di panggung utama, untuk menghindari serbuan massa di tengah lapangan.

"Kami memang sengaja menampilkan Norman, agar pembukaan kegiatan ini lebih semarak dan seluruh delegasi merasa terhibur, kata Ketua Panitia Penyelenggara Jumbara PMR, Muhamman Muas.

Selain aksi Norman, peserta juga disuguhi tarian khas Gorontalo "Dana-Dana" yang dibawakan ratusan remaja PMR dari daerah tersebut.

Jumbara PMR dibuka oleh Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla dan diikuti sekitar 2.500 peserta dari 33 provinsi dan perwakilan 11 negara sahabat.

Kegiatan tersebut digelar 4 hingga 9 Juli 2011 dan merupakan yang ketujuh kalinya serta dilaksanakan lima tahun sekali.(*)

(T.D015/M031)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan