Isnin, 21 Mac 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Pentagon: Pasukan Khadafi Stres Usai Diserang

Posted: 21 Mar 2011 06:01 AM PDT

WASHINGTON - Pejabat Pentagon mengklaim serangan udara yang dipimpin Amerika Serikat (AS) kepada Libya, berhasil membuat kacau pasukan yang loyal kepada Moamma Khadafi. Serangan diketahui dilakukan selama akhir pekan lalu.


Laksamana Madya William E Gortney menyatakan, serangan udara yang dilakukan berakhir sangat efektif. "Pentagon yakin militer Khadafi saat sedang mengalami stress (usai diserang)," ungkap Gortney seperti dikutip Associated Press, Senin (21/3/2011).


Serangan udara itu melibatkaan pesawat pengebom B-2, jet tempur dan lebih dari 120 rudal Tomahawk. Serangan juga melibatkan senjata berteknologi tinggi lainnya.


Gortney menyebutkan tidak ada pesawat dari pihak militer asing yang jatuh dalam penyerangan tersebut. Semua pesawat dan pilotnya kembali dengan selamat.


Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengatakan, Amerika memperkirakan akan meraih kemenangan dalam misi ini dalam hitungan hari. Sebelumnya militer AS, Inggris, Prancis telah melancarkan serangan mereka kepada Libya sepanjang akhir pekan lalu.


Serangan tersebut dikabarkan telah menewaskan sekira 68 warga sipil Libya. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

WHO Peringatkan Radiasi Makanan di Jepang

Posted: 21 Mar 2011 05:03 AM PDT

TOKYO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tingkat radiasi terhadap makanan akibat bocornya reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir Jepang, ternyata lebih serius dari yang pernah diperkirakan sebelumnya.


"Jelas sekali ini adalah kondisi yang amat serius," ungkap Peter Cordingley juru bicara WHO di Manila, Filipina, seperti dikutip Reuters, Senin (21/3/2011).


"Ini jauh lebih serius dari yang diperkirakan oleh banyak pihak. Kami kira masalah ini dapat diatasi dengan pembatasan wilayah aman 20 hingga 30 kilometer," lanjut Cordingley.


"Seharusnya wilayah tersebut aman, namun sepertinya beberapa produk yang terkontaminasi tersebut berhasil keluar dari wilayah aman," tuturnya.


Namun Cordingley menambahkan, tidak ada bukti bahwa makanan yang terkena radiasi dari PLTN Fukushima tersebut berhasil dibawa ke luar Jepang. 


Kondisi PLTN Fukushima Daiichi memang terus menurun usai dihantam gempa berkekuatan 9 skala richter (SR) dan tsunami. Baru saja pekerja di reaktor nomor 3 PLTN tersebut dievakuasi, setelah asap abu-abu tampak keluar dari reaktor tersebut.


Hingga kini masih belum jelas apa penyebab dari membumbungnya asap tersebut, dan tidak ada laporan terjadinya ledakan di reaktor itu. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen