Isnin, 21 Mac 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Asap dan Uap Membubung dari PLTN Jepang

Posted: 21 Mar 2011 08:48 PM PDT

Osaka (ANTARA News) - Asap dan uap kembali membubung  pada hari Selasa dari reaktor yang rusak akibat gempa di Fukushima, Jepang. Sementara itu para pekerja terus berjuang mencegah bencana besar, demikian laporan kantor berita Jepang, Kyodo.

Uap asap putih terlihat naik ke udara dari reaktor nomor dua. Asap putih juga membubung dari reaktor nomor tiga, kata Kyodo. Berbagai upaya untuk menyemprotkan air dan memulihkan listrik untuk sementara terhenti.

Menteri Perdagangan Jepang Banri Kaieda mengatakan akan sulit untuk menyatakan bahwa situasi menuju ke arah yang benar.

Krisis atom terburuk di dunia dalam 25 tahun terakhir itu mengancam dalam radius 240 kilometer di sebelah utara Tokyo. Bencana itu  dipicu oleh gempa dan tsunami besar yang membuat sedikit-dikitnya 21.000 orang tewas atau hilang.

Para insinyur yang bekerja di dalam zona pengungsian di sekitar pembangkit listrik itu berusaha menyambungkan kabel listrik ke  enam reaktor dan mulai memompa salah satunya guna mendinginkan batang bahan bakar nuklir yang terlalu panas.

"Kami melihat cahaya untuk keluar dari krisis ini," kata Perdana Menteri Naoto Kan, seperti  dikutip seorang pejabat.
(A011/A038)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Al-jazeera: Koalisi Serang Radar Pertahanan Udara Gaddafi

Posted: 21 Mar 2011 05:32 PM PDT

Tentara LIbya berdiri di sebuah bangunan yang hancur oleh pemerintah disebut sebagai serangan misil barat di dalam Bab Al-Aziziyah, benteng Tripoli Gaddafi yang dijaga ketat, Senin (21/3). (FOTO ANTARA/REUTERS/Zohra Bensemra)

Berita Terkait

Video

Kairo (ANTARA News) - Pasukan koalisi internasional menyerang instalasi radar di dua pangkalan pertahanan udara milik pasukan pemimpin Libya Muamar Gaddafi di Libya timur, demikian laporan saluran berita Al Jazeera, Senin (21/3).

Kedua pangkalan tersebut berada di sebelah timur kubu pemrotes, Benghazi, kata Al Jazeera, seperti dilaporkan Reuters.

Di ibu kota Libya, Tripoli, suara ledakan dan tembakan anti-pesawat berkumandang pada malam ketiga, Senin, dan televisi negara menyatakan beberapa tempat di ibukota Libya itu telah diserang oleh apa yang disebut "musuh pengikut perang salib".

Belum jelas apa penyebab ledakan di Tripoli tersebut --pangkalan utama kekuatan Gaddafi.

Suara tembakan senjata anti-pesawat berkumandang dan lintasan amunisi menerangi udara malam ke berbagai arah, saat para penembak tampaknya berusaha menjatuhkan pesawat tempur koalisi. Dua ledakan mengguncang kota dengan sebanyak dua juta warga itu.

"Serangan ini takkan membuat takut rakyat Libya," kata stasiun televisi negara. Belum ada komentar dari pasukan Barat.

Suara tembakan juga bergema sepanjang malam dan slogan pro-Gaddafi berkumandang di seluruh pusat kota tersebut. Mobil melaju dengan cepat melewati jalan-jalan kota Tripoli dengan klakson berbunyi keras.

Sehari sebelumnya, beberapa pejabat Libya membawa wartawan ke kubu Gaddafi, yang dibentengi dengan kuat, untuk memperlihatkan reruntuhan bangunan yang mereka katakan dihancurkan oleh satu rudal sekutu, Ahad malam (20/3).

Pasukan koalisi menyatakan mereka "mengincar sistem pertahanan udara untuk melaksanakan zona larangan terbang yang disahkan PBB dan melindungi warga sipil dari pasukan pemerintah, yang berusaha memadamkan aksi perlawanan --yang telah berlangsung selama satu bulan".

Pemerintah Libya menyatakan puluhan warga sipil telah tewas dalam serangan rudal dan pesawat tempur koalisi. Prancis menyatakan negara tersebut "tak mempunyai bukti mengenai korban jiwa di pihak sipil". (C003/A011/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen