Isnin, 14 Mac 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Selasa, 103 WNI Akan Dievakuasi ke Jakarta

Posted: 14 Mar 2011 07:16 AM PDT

TOKYO - 103 WNI pengungsi asal Sendai dan Fukushima yang tiba di Tokyo Senin pagi waktu setempat akan dievakuasi ke Jakarta pada hari Selasa (15/3) besok. Para pengungsi saat ini berada di gedung Sekolah RI Tokyo (SRIT).


Sebelumnya, Duta Besar Muhammad Lutfi, didampingi Tim Perlindungan WNI dari Kementerian Luar Negeri RI, telah melakukan dialog dengan para pengungsi, yang antara lain membicarakan keputusan para pengungsi, apakah akan tetap tinggal di Tokyo, atau dievakuasi ke Indonesia.


Dari dialog diperoleh keputusan para pengungsi tersebut untuk dievakuasi ke Indonesia karena secara psikologis kondisi traumatik pasca gempa masih dirasakan oleh anak-anak dan juga para wanita, demikian dilansir pihak KBRI di Jepang, Senin (14/3/2011).


Sementara itu, empat WNI pengungsi asal Fukushima yang tiba di Tokyo tadi siang telah dibawa ke rumah sakit militer di Tokyo untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yang cukup ketat melalui radiologi dan pemeriksaan darah untuk memastikan kondisi mereka. Setelah pemeriksaan menyeluruh selama sekitar dua jam, mereka telah dinyatakan aman dari radiasi.


Tim Relief KBRI Tokyo Gelombang I yang masih di Sendai Miyagi melaporkan bahwa tim telah menjemput tujuh orang perawat Indonesia bernama Wisita Permanasari, Mugiyati, Wihel, Desi, Jajang, Emey, dan Siti Nurlaeli. 


Tim juga telah berhasil menjemput 3 mahasiswa Indonesia dari Natori, yaitu Robert Dwiputra, Tahta Erlangga, dan Achmad Faisal Dwiputro. Pada pukul 14.30, Call Center KBRI Tokyo telah memperoleh konfirmasi kondisi selamat 10 perawat Indonesia di Aomori, yang sebelumnya dikabarkan hilang. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jepang Sukses Dinginkan Reaktor Nuklir Mereka

Posted: 14 Mar 2011 06:23 AM PDT

TOKYO - Upaya Pemerintah Jepang untuk mendinginkan temperatur reaktor nuklir menemui hasil positif. Air laut berhasil dimasukkan untuk mendinginkan reaktor yang memanas tersebut.


Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano mengkonfirmasi upaya yang diambil oleh tim ahli. "Berhasil, usaha memasukkan air laut ke dalam pelindung reaktor no.2 PLTN Fukushima agar temperatur dingin," ungkap Edano.


Memang PLTN Fukushima terus mengalami ketidakstabilan sejak diterpa gempa dan tsunami pada Jumat 11 Februari lalu. PLTN ini mengalami ledakan besar selama setidaknya dua kali.


Seperti dikutip Reuters, Senin (14/3/2011), kondisi ini sempat membuat kekhawatiran meluasnya kebocoran ke wilayah sekitar PLTN itu berada. 


Atas ancaman kebocoran radiasi, pihak pemerintah telah menerapkan zona terlarang sejauh 20 kilometer dari pembangkit. Sementara 210 ribu warga di sekitar pembangkit Fukushima Daiichi tersebut telah dievakuasi ke tempat.  

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen