Rabu, 12 Januari 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Puting Belung Rusak 546 Rumah di Bondowoso

Posted: 12 Jan 2011 06:55 PM PST

Bondowoso (ANTARA News) - Angin puting beliung merusak sebanyak 546 rumah di Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Abdurrahman, Kamis mengatakan, angin puting beliung melanda empat desa di Kecamatan Pakem yakni Desa Kupang, Andongsari, Gadingsari, dan Petung.

"Angin puting beliung melanda empat desa di Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso pada Rabu (12/1) sore, dan merusak ratusan rumah di desa setempat," katanya

Jumlah rumah rusak yang sudah didata oleh petugas BPBD Bondowoso tercatat sebanyak 546 rumah, dengan rincian rusak berat sebanyak 92 rumah, rusak sedang sebanyak 263 rumah, dan rusak ringan sebanyak 191 rumah.

"Kami masih melakukan pendataan di lapangan, sehingga kemungkinan jumlah rumah rusak akibat angin puting beliung bertambah," katanya, menjelaskan.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa akibat bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Pakem.

"Hanya tiga orang mengalami luka ringan akibat tertimpa rumah yang roboh, namun mereka sudah mendapat perawatan medis di puskesmas setempat," paparnya.

Selain ratusan rumah rusak, kata dia, angin puting beliung juga menyebabkan ratusan pohon di sejumlah desa di Kecamatan Pakem tumbang, sehingga petugas membersihkan jalan menuju lokasi bencana angin puting beliung.

Ia menjelaskan, BPBD Bondowoso sudah mendistribusikan makanan untuk korban angin puting beliung di empat desa sejak Rabu (12/1) malam.

"Hari ini, kami mendistribusikan beras sebanyak 2,5 ton kepada korban angin puting beliung," katanya menambahkan.
(ANT/A024)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Rupiah Melemah 8 Poin

Posted: 12 Jan 2011 06:51 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Menguatnya indeks dalam negeri yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) belum berimbas pada pergerakkan Rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi melemah keposisi 8 poin.

Pada perdagangan Kamis Rupiah berada dikisaran Rp9.033-9.038 atau melemah dibanding sebelumnya yang berada dikisaran Rp9.025-9.030.

"Rupiah dibuka pagi ini memang melemah, namun diprediksi pelemahan Rupiah hanya sesaat dan berbalik arah ke teritori positif," kata analis keuangan Nico Omer Jonkheer di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, positifnya indeks haga saham gabungan (IHSG) akan memberi sentimen positif pada perdagangan kurs Rupiah di pasar spot antar bank di Jakarta.

"Seperti halnya kemarin pergerakan rupiah mengikuti penguatan IHSG yang melanjutkan penguatan atau berada di area positif," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pasar uang sedang dalam masa jenuh beli (oversold) terhadap dolar AS, sehingga banyak pelaku pasar kembali membeli Rupiah.

"Mata uang dalam negeri itu diprediksi akan kembali terus positif dikarenakan sentimen negatif yang membawa pelemahan kembali tidak terlalu signifikan," katanya.
(ANT/A024)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan