Khamis, 28 Mac 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Prancis akan kurangi tentara di Mali

Posted: 28 Mar 2013 07:22 PM PDT

Paris (ANTARA News) - Presiden Prancis, Francois Hollande, mengatakan Prancis akan mengurangi jumlah tentaranya di Mali menjadi 2.000 paling lambat pada Juli dan menjadi 1.000 pada penghujung tahun ini.

"Kami telah mencapai sasaran kami: untuk menghentikan serangan teror dan menaklukkan kota besar yang telah mereka duduki," katanya dalam wawancara langsung dengan stasiun televisi France 2 pada Kamis (28/3) yang dikutip kantor berita Xinhua.

Ia juga mengatakan ingin melihat "pemilihan umum di Mali sebelum akhir Juli" dan "semua pihak dalam masyarakat Mali harus terwakili".

Sebelumnya Prancis telah menyeru Dewan Keamanan PBB, yang memiliki 15 anggota, untuk menggolkan satu resolusi pada April guna menyiapkan pasukan pemelihara perdamaian yang bisa menggantikan tentara Prancis pada Juli.

Prancis, yang memimpin campur tangan militer untuk mengamankan Mali utara dari jaringan gerilyawan Al-Qaida, ingin menarik tentaranya dan menyerahkan kepada pasukan Afrika, yang dikenal dengan nama AFISMA, dan selanjutnya akan menjadi misi pemelihara perdamaian PBB.

Saat ini AFISMA memiliki sebanyak 6.300 prajurit dari negara Afrika Barat dan Chad.

Penerjemah : Chaidar Abdullah

Juni nanti pemilu AKB48

Posted: 28 Mar 2013 07:22 PM PDT

Tokyo (ANTARA News) - Grup idola Jepang AKB48 akan menggelar pemilihan umum ke-5 yang menobatkan siapa anggota terpopuler dan siapa yang akan tampil membawakan single berikutnya pada 8 Juni di Stadium Nissan, Yokohama.

"Pemilu" AKB48 adalah acara tahunan terbesar di dunia musik dan hiburan Jepang. Pada acara tersebut, para penggemar dapat membeli CD (hanya dijual di Jepang) dan menyumbang voting yang menentukan anggota terbaik. 

Tahun lalu, lebih dari satu juta voting terkumpul, perhatian media Jepang dan kesadaran orang-orang tentang acara tersebut hampir menyamai pemilu politik, demikian laman Japan Today.

Para penggemar luar Jepang pun dapat ikut meramaikan pemilu tersebut lewat Google+.  Dengan mengirim pesan dukungan untuk anggota AKB48 favoritnya, para penggemar dapat terhubung dengan sister group dari JKT48 itu.

Kali ini, penggemar AKB48 juga menyumbang voting untuk menentukan siapa anggota yang akan tampil pada single ke-32 yang dirilis Agustus.

Voting berlangsung dari 21 Mei hingga hari sebelum pemilihan, 7 Juni.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan