Selasa, 5 Februari 2013

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Minimalisir Aksi Pemboman Ikan, Pemda Akan Bangun Pos Jaga

Posted: 05 Feb 2013 12:42 AM PST

PADANG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Mentawai akan membangun pos penjagaan di lokasi surfing, terutama di kawasan Keramajat, Desa Katurei, Kecamatan Siberut Barat Daya, Sumatera Barat. Pembangunan ini menyusul aksi sejumlah nelayan tak bertanggung jawab yang melakukan aktivitas melaut dengan menggunakan bom.

"Di dekat Kandui Resort itu ada kantor Coremap, saat ini kantor ini tidak berfungsi, rencananya kita bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mentawai akan bekerja sama untuk menjaga wisata bahari dan surfing," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mentawai, Desti Seminora, kepada Okezone, Selasa (5/2/2013)

Dia menjelaskan, pelemparan bom ikan oleh nelayan berperahu tradisional tersebut merupakan lokasi wisata bahari, seperti surfing (selancar) dan diving (selam). Video pelemparan bom ikan di Kepulauan Mentawai tersebut direkam oleh turis asing yang sedang berkunjung, kemudian diunggah ke situs Youtube. Jelas, kecaman datang dari para penonton video itu melalui komentar-komentar.

Berdasarkan hasil koordinasi, pihaknya akan memberikan pelayanan dengan membangun pos penjaga, sedangkan keamanannya diserahkan pada DKP dibantu petugas Kepolisian.

Dia menjelaskan perlunya keberadaan anggota polisi untuk membantu pengawasan. "Kenapa masyarakat tidak berani menangkap pelaku ini, karena mereka memiliki senjata dan bom. Kalau dikejar nanti masyarakat sendiri yang kena bom ikan itu," ujarnya.

Desti mengaku, turis asing belakang khawatir melakukan surfing akibat video yang beredar. Keluhan itu disampaikan langsung oleh Manager Kanduir Resort, Yordan Heuer, kepada bupati setempat.

"Para turis asing ini tidak berani surfing, sebab takut nanti kena bom. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa, selain melapor kejadian tersebut," akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Edi Sukarni, membenarkan akan pembuatan pos terpadu di lokasi tersebut. Sebelum bekerja, para petugas akan diberikan pelatihan untuk penyelamatan.

"Tahun ini akan disiapkan pos jaga dan dilengkapi dengan radio. Jadi kalau ada aktivitas bom di sana bisa segera melapor ke DKP dan kepolisian," tutupnya.
(ris)

Anas: SBY Sudah Bagus

Posted: 05 Feb 2013 12:40 AM PST

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum menilai desakan yang disampaikan Ketua Dewan Pembina, Susilo Bambang Yudhoyono agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntaskan kasus korupsi Hambalang merupakan hal yang positif.

"Ya bagus dong. Pernyataanya kan bagus, harapan kepada KPK ya bagus. Saya garis bawahi itu bagus," kata Anas di JCC, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Sebelumnya, KPK menjawab desakan banyak pihak soal status hukum Anas Urbaningrum. Dugaan keterlibatan Anas dalam kasus korupsi proyek Hambalang dinilai menyandera Partai Demokrat.
 
"Jika suatu kasus sudah mempunyai dua alat bukti yang cukup, maka KPK akan segera umumkan tersangkanya," kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto.
 
Bambang menghargai desakan dari semua pihak termasuk dari pendiri Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, Bambang menegaskan KPK harus menjalankan kewenangannya dengan objektif, proporsional, dan berintegritas.
 
"KPK punya tanggung jawab yang besar untuk menyelesaikan kasus-kasus yang ditangani apalagi yang mendapat perhatian publik, termasuk kasus Anas," kata Bambang.
(trk)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan