Khamis, 14 Februari 2013

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


KPK Periksa Mentan Suswono Senin Depan

Posted: 14 Feb 2013 01:23 AM PST

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan memeriksa Menteri Pertanian (Mentan) Suswono pada Senin 18 Februari mendatang. Hal tersebut terkait kasus dugaan suap proyek impor daging sapi, di Kementerian Pertanian (Kementan), yang diduga melibatkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq.

Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi SP, surat pemanggilan kepada orang nomor satu di Kementan itu, sudah dikirim kepada yang bersangkutan untuk diperiksa dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Luthfi.

"Mentan atas dugaan suap kuota impor daging sapi surat panggilan sudah dikirim, jadi Mentan akan diperiksa sebagai saksi LHI pada hari senin depan," ujar Johan kepada wartawan di Gedung KPK, Kamis (14/2/2013).

Dalam mengusut kasus ini, sebelumnya KPK telah memeriksa beberapa orang dari Kementan, di antaranya Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Syukur Iwantoro dan Sekertaris Menteri Pertanian Baran Wirawan.

Kasus ini bermula saat KPK melakukan tangkap tangan terhadap Direktur Indoguna Utama Arya Abdi Effendi dan Juar Effendi serta kolega Lutfhi, Ahmad Fathanah saat melakukan upaya suap Rp1 miliar. Ahmad sendiri diciduk KPK di hotel Le Meredien saat sedang bersama seorang mahasiswi bernama Maharani.

Sedangkan kedua Direkrut PT Indoguna Utama ditangkap di kediamannya. Keempat orang itu kecuali Maharani, telah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung dimasukkan ke rumah tahanan KPK.
(ydh)

Anas Dukung Ibas Mundur dari DPR

Posted: 14 Feb 2013 01:09 AM PST

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mendukung penuh pengunduran diri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai anggota DPR.

"Kalau itu sudah ditimbang matang dan sudah diputuskan mundur, hanya satu kata, saya dukung keputusan Sekjen untuk konsentrasi menjalankan tugas-tugas organisasi," kata Anas di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Anas mengaku sempat melakukan komunikasi dengan Ibas sebelumnya. Dia juga sempat mempertanyakan perihal sejauh mana keyakinan Ibas untuk mundur sebagai anggota DPR, dan memfokuskan diri mengurusi partai.

"Hari ini saya mendapatkan informasi dari Sekjen. Saya tanya apakah sudah bulat, sudah ditimbang katanya sudah dipertimbangkan matang, sudah bulat, sudah diputuskan," sambung Anas.

Selama menjabat sebagai anggota DPR, kata Anas, Ibas termasuk pintar dalam membagi waktu. Dimana ada porsi-porsi tertentu untuk menangani partai selaku Sekjen, dan saat bertugas sebagai Anggota Komisi I DPR.

"Selama ini sesungguhnya penilaian Sekjen bisa membagi waktu. Tugas di organisasi berjalan, dan di DPR berjalan. Tapi ketika Sekjen sudah mengambil keputusan saya dalam posisi mendukung sepenuhnya," tandasnya.

Saat ini, setelah Ibas mengundurkan diri dari DPR, kata Ibas, hal itu akan menambah semangat bagi partai dan seluruh kader terutama dalam mempersiapkan Pemilu 2014 mendatang.

"Ini akan menambah energi menambah kekuatan pergerakan konsolidasi, dengan begitu percepatan konsolidasi akan bisa diwujudkan," tutup Anas.
(put)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan