Jumaat, 1 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Terpikat Santapan Thailand? Rahasianya Ada di Lima Bahan

Posted: 01 Feb 2013 01:08 AM PST

Friday, 01 February 2013, 16:08 WIB

CHEF.COM

Bumbu dan bahan masakan Thailand (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tradisi kuliner Thailand memiliki sejarah dan rasa yang kaya. Santapan Thailand dikenal dengan sajian mi dan kari pedas namun seimbang tepat yang mengombinasikan elemen berbeda dari tradisi Asia.

Bagi yang pertama kali, tampilannya mungkin terkesan mengintimidasi. Namun anda yang tertarik menyuguhkan sendiri santapan hasil masakan sendiri yang diinspirasi cita rasa Thailand, perlu tahu bahan-bahan umum yang selalu ada dalam masakan mereka. Berikut pengetahuan sederhana

Saus Ikan

Meski kuliner Thailan merentang dari satu wilayah ke wilayah lain, ada satu bahan yang nyaris konstan dipakai yakni saus ikan atau nam pla. Dibuat dari ikan yang difermentasi, sausi ini memberikan rasa asin dan khas dalam kuliner Thailand.

Saus ikan hadir dalam berbagai variasi dan bisa digunakan dalam berbagai cara serta sering kali mengandung undang dan bumbu.

Pasta Cabai

Pasta kari dan cabai adalah saus paling populer dalam acara masak-memasak di Thailand. Setiap wilayah memproduksi variasinya sendiri dari pasta berasa manis dan pedas ini. Meski berbeda mereka dihancurkan dengan cobek dan uleg-uleg bersama bumbu dan bahan-bahan seperti udang, daun bawang dan bubuk kari.

Beberapa pasta cabai digunakan sebagai saus cocol dan tambahan makanan, sementara yang lain dijadikan bahan dasar masakan atau ditambahkan di atas nasi dan mi.

Nasi

Nasi ialah makanan pokok dalam tradisi Asia termasuk Thailand. Tipe nasi dengan aroma melati adalah salah satu yang populer di kawasan utara Thailand dan biasa disajikan bersama kari yang kaya rasa atau mie tumis daging.

Mi

Bahan makanan ini sering kali menjadi satu santapan utama. Mi adalah jenis makanan pokok lain di Thailand. Ada banyak jenis mi dan salah satu yang populer adalah mi beras yang biasa berbentuk lebar dan pipih, atau bulat.

Mi sering digunakan bersama sup atau masakan yang ditumis. Pad Thai adalah satu makanan populer Thai dari bahan mi dan mudah dipelajari serta dimasak di rumah.

Kemangi Thailand

Mungkin inilah salah satu unsur yang memberi rasa paling khas dalam masakan Thailand. Kemangi Thailand jamak digunakan untuk masakan tumis dan kari. Sebagia tumbuhan asil Asia Tenggara, kemangi Thai memiliki adas berbeda dan rasa manis yang bisa tahan saat dimasak dengan panas tinggi. Bahan ini biasanya dijumpai baik dalam kari merah dan kari hijau dan juga bumbu istimewa untuk ayam dan masakan seafood.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari

Dari Abu Muhammad Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib ra, cucu kesayangan Rasulullah SAW, berkata: "Aku telah hafal sabda Rasulullah SAW: 'Tinggalkanlah perkara yang meragukanmu dan kerjakan perkara yang tidak meragukanmu". (HR. Tirmidzi dan Nasa'i)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Inilah 20 Penyebab Utama Mimisan (4-Habis)

Posted: 31 Jan 2013 11:00 PM PST

Jumat, 01 Pebruari 2013, 14:00 WIB

naturalremedies.org

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tetesan darah yang hangat terkadang mengalir dari lubang hidung Anda. Itu artinya Anda mimisan. Namun, apakah penyebabnya?

Ada banyak hal yang memicu mimisan bergantung pada jenis mimisan apa yang Anda alami. Dilansir dari SymptomFind, Jumat (1/2), ada dua jenis mimisan. Mimisan kedua adalah mimisan posterior.

Mimisan posterior terjadi di belakang hidung dan umumnya dialami oleh orang tua. Jenis mimisan ini cukup serius dan biasanya perlu menjalani perawatan di bawah dokter spesialis. Apa saja penyebab mimisan posterior?

6. Benturan pada kepala

Jika Anda jatuh, ada benda keras mendarat di kepala Anda, ada yang memukul kepala Anda, atau jika Anda menerima trauma kepala, ini dapat menyebabkan mimisan.

7. Operasi hidung

Efek samping yang umum dari operasi hidung adalah mimisan dan dapat berkisar dari mimisan ringan sampai parah.

8. Kekurangan kalsium

Jika Anda telah mengalami banyak mimisan belakangan ini, mungkin itu merupakan indikasi bahwa Anda memiliki masalah kekurangan kalsium. Periksa dengan dokter Anda dan konsumsi beberapa suplemen jika Anda pikir ini mungkin menjadi penyebab mimisan Anda.

9. Iritasi kimia

Bahan kimia dalam asap rokok, amonia, asam sulfat, bensin dan lain-lain bisa menyebabkan iritasi hidung, sehingga Anda menjadi mimisan.

Redaktur : Citra Listya Rini
Reporter : Mutia Ramadhani

Dari al-Miswar Ibnu Mahramah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyembelih kurban sebelum mencukur dan menyuruh para shahabat untuk melakukan demikian.(HR Muslim)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan