Ahad, 30 Disember 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Patung Hitler Berdoa Tuai Kontroversi

Posted: 29 Dec 2012 07:49 PM PST

WARSAWA - Sebuah patung mantan pemimpin Nazi Adolf Hitler sedang berlutut berdoa dibangun di bekas tempat penampungan warga Yahudi era Perang Dunia II, di Warsawa. Tetapi pembuatan ini justru mengundang kecaman.
 
Karya yang diberi judul "HIM" ini merupakan kreasi dari seniman Italia Maurizio Cattelan. Patungnya ini terus dikunjungi oleh warga yang penasaran ingin melihat patung itu.
 
Namun seniman itu tidak membuat citra eksplisit, untuk siapa Hitler berdoa. Namun menurut pihak yang mengorganisir pameran ini mengatakan, patung itu merefleksikan sosok yang menyadari perbuatan jahatnya.
 
Di lain pihak, banyak pihak pula yang marah melihat kehadiran patung tersebut di lokasi yang dianggap sensitif. Kelompok pembela Yahudi, the Simon Wiesenthal Center mengatakan, penempatan patungan tersebut merupakan bentukan provokatif yang menghina ingatan dari korban Yahudi atas kekerasan Nazi.
 
"Bagi warga Yahudi, doa Hitler hanya menginginkan Yahudi dihapus dari muka bumi," ujar Direktur the Simon Wiesenthal Center Efraim Zuroff, seperti dikutip Reuters, Minggu (30/12/2012).
 
Tetapi banyak juga kelompok yang memuji karya seni tersebut. Menurut mereka, patung itu menunjukkan dampak emosional yang kuat. Sementara penempatan patung di bekas lokasi penampungan warga Yahudi dibela oleh pihak penyelenggara, karena mereka tidak bermaksud untuk menghina ingatan dari komunitas Yahudi.
(faj)

Presiden Filipina Resmikan Program KB Secara Tersembunyi

Posted: 29 Dec 2012 06:36 PM PST

MANILA – Presiden Filipina Benigno Aquino, meresmikan undang-undang Keluarga Berencana (KB) secara diam-diam. Program KB tersebut menimbulkan kontroversi di Filipina karena ditolak keras oleh pemimpin agama di negara yang mayoritas warganya menganut Katolik tersebut.

Pihak Kepresidenan Filipina menyatakan Aquino sebenarnya sudah meresmikan undang-undang tersebut pada 21 Desember lalu. Namun persemian tersebut baru diumumkan sekarang karena memperhatikan sensitifnya isu KB di negara itu.

"Diresmikannya undang-undang KB tersebut merupakan peristiwa bersejarah bagi Filipina. Presiden mengharapkan pihak-pihak yang berseteru selama pembuatan undang-undang dapat melakukan rekonsiliasi," ujar juru bicara Presiden Filipina Abigail Valte, seperti dikutip Washington Post, Minggu (30/12/2012).

Namun pihak gereja Katolik yang selama ini menolak dibentuknya undang-undang KB mengecam tindakan Aquino yang meresmikan undang-undang tersebut secara diam-diam.

"Presiden Aquino meresmikan undang undang tersebut secara diam-diam karena ia tahu program KB adalah hal yang memalukan dan takut akan konsekuensi yang diterimanya dari masyarakat," ujar mantan Uskup Filipina Oscar Cruz.

Selama ini gereja Katolik menolak program KB karena dianggap melanggar takdir dari Tuhan. Namun pendukung program KB menyatakan undang-undang tersebut akan memperbaiki tingkat kemiskinan yang dimiliki oleh Filipina.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan