Ahad, 30 Disember 2012

Republika Online

Republika Online


Kaleidoskop Unik 2012: Dari Latvia ke Indonesia dengan Sepeda

Posted: 30 Dec 2012 11:07 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PRIOK -- Seorang pesepeda warga negara Latvia, Gints Laicans, singgah ke Indonesia setelah melewati 14 negara. Selama tiga hari, Gints berencana akan menikmati kota Jakarta.

Dengan sepeda yang nampak kuno, Gints istirahat di bawah pohon dekat Pelabuhan Tanjung Priok. Ini adalah hari keduanya di Jakarta sejak kedatangannya, Selasa 28 Maret 2012. Sepedanya dipenuhi ransel dan dihias warna-warni bendera negara yang telah dia lalui.

Hal tersebut membuat beberapa petugas pelabuhan menghampirinya dan bercengkerama sejenak dengannya.

Gints telah melewati beberapa negara Eropa dan Asia. Berangkat dari Latvia, dia melalui Lithuania, Polandia, Slovakia, Hungaria, Bulgaria, kemudian memasuki Turki, perbatasan Eropa dan Asia. Dari Turki, dia melanjutkan perjalanan menjelajah Asia.

Negara Asia yang dia kunjungi ialah Iran, India, Myanmar, Thailand, Colombia, Malaysia, Singapura, kemudian Indonesia. Untuk menjelajah seluruh negara tersebut, dia telah menghabiskan waktu delapan bulan. "One day, one thousand kilometres," ujarnya.

Di Indonesia, Gints telah melalui Sumatra kemudian menyeberang ke pulau Jawa. Dia berencana berkeliling Indonesia selama sebulan. Di Jakarta, dia akan singgah selama tiga hari.

Gints memiliki keinginan berkeliling dunia dengan sepeda. Dari Indonesia, dia akan melanjutkan perjalanan, singgah ke beragam negara hingga tujuan akhir Amerika, tempat kelahirannya.

Ketika ditanya tujuannya bersepeda keliling dunia, dia hanya menjawab karena kecintaannya pada sepeda. Menurutnya sepeda sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, dia antusias mengenal budaya tiap negara yang dia lalui. Diantara beragam negara yang dia lalui, yang menjadi favorit Gints adalah negara Iran dan Indonesia. "It's nice. The people are very friendly."

Dia sangat terkesan saat melalui Iran. Menurutnya, kesan Iran di mata barat yang penuh konflik sangat berbeda saat berkunjung ke negara tersebut. Bagi turis, kata Gints, Iran sangat nyaman. Warga Iran pun sangat ramah seperti halnya di Indonesia.

Meski demikian, menurutnya, Jakarta sangat panas dan padat, kota yang sangat sibuk dengan hilir mudik kendaraan yang tak henti. Gints juga menyayangkan tak ada perlakuan baik bagi sepeda di jalanan Jakarta. Tak ada jalur khusus sepeda sehingga tak nyaman saat berkendara di jalan yang sangat padat, kata Gints.

Deportivo Pecat Pelatih Oltra

Posted: 30 Dec 2012 11:00 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Jose Luis Oltra akhirnya resmi ditendang dari kursi pelatih Deportivo La Coruna. Manajemen klub asal Spanyol ini menilai Oltra telah gagal total dalam mengangkat performa tim sepanjang musim ini.

"Kami bukan termasuk tim yang gemar gonta-ganti pelatih. Tapi, situasinya menjadi tidak bisa dihindari. Tim ini butuh perubahan dan kami tidak punya opsi lain," kata Presiden Deportivo La Coruna, Augusto Cesar Lendoiro, seperti dilansir Soccerway, Senin (31/12).

Isu pemecatan Oltra sejatinya telah berhembus cukup lama. Maklum, sepanjang musim ini, skuat Super Depor tampil mengecewakan dan terjerembab di posisi juru kunci La Liga Spanyol dengan koleksi 12 poin dari 17 laga.

Padahal, musim lalu, Oltra cukup sukses dengan membawa Deportivo La Coruna bersaing di papan atas. Lendorio pun mengakui bahwa keputusan pemecatan Oltra telah diambil beberapa waktu lalu. Manajemen baru memutuskan mengumumkannya hari ini karena beberapa pertimbangan.

"Keputusan ini sudah diambil usai kekalahan kontra Espanyol (20/12),'' katanya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan