Selasa, 9 Oktober 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Atasi Insomnia Sesuai Penyebabnya

Posted: 08 Oct 2012 11:37 PM PDT

INSOMNIA adalah masalah yang sering dijumpai. Penderita mungkin mengalami kesulitan untuk tidur atau mengeluh kurang tidur karena sering terbangun.
 
Penelitian di laboratorium telah mengubah mitos bahwa setiap orang memerlukan tidur delapan jam semalam. Kenyataannya, jumlah tidur yang diperlukan oleh setiap individu sangat bervariasi. Semakin tua, semakin sedikit pula tidur yang dibutuhkan. Margaret Thatcher dikatakan hanya tidur selama empat atau lima jam dan ada orang terkenal lain yang hanya tidur sebentar seperti Winston Churchill dan Napoleon.
 
Menurut penelitian yang diungkapkan ahli parenting asal Inggris dr. Miriam Stoppard dalam bukunya berjudul Family Health Guide, banyak orang dengan insomnia tidur lebih banyak dari yang mereka duga. Namun, mereka juga cenderung bangun lebih sering daripada orang normal. Masalah dalam insomnia lebih sering berupa kualitas tidur daripada kuantitas tidur.
 
Dikatakan dr. Cecilia J. Setiawan, SpKJ, MKes, psikiater di RS Awal Bros Tangerang, penyebab insomnia pun bermacam-macam. Penyebab secara fisik, misalnya karena gangguan saluran napas, nyeri, atau terdapat masalah psikis (tidak ada kelainan fisik) atau insomnia saja tanpa penyebab fisik atau psikis.
 
"Masalah psikis, misalnya depresi, cemas, penyalahgunaan zat, gejala psikotik, dan stres setelah trauma," tutur dr. Cecilia secara eksklusif kepada Okezone, melalui pesan elektronik belum lama ini.
 
Tapi tenang, insomnia bisa disembuhkan. Cara penanganannya sesuai dengan penyebabnya. "Apabila insomnianya karena depresi, yang diobati adalah depresinya. Untuk jenis insomnia tanpa penyebab fisik atau psikis, misalnya karena mimpi, jalan sambil tidur, perbedaan waktu antar negara, dan sebagainya dapat diatasi dengan obat-obatan dan terapi perilaku," tutupnya. (ina)
(tty)

Merasa Selalu Dikejar Waktu?

Posted: 08 Oct 2012 11:37 PM PDT

[unable to retrieve full-text content]Hari rasanya sangat cepat berlalu. Tugas selalu menumpuk, seperti tidak ada habisnya. Istirahat pun dirasa tidak pernah cukup.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan