Isnin, 29 Oktober 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Ban Ki Moon Kecewa Gagalnya Genjatan Senjata Suriah

Posted: 29 Oct 2012 06:22 AM PDT

SEOUL - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki Moon menyatakan kekecewaannya akan kegagalan proses gencatan senjata di Suriah. Ia mendorong masyarakat internasional untuk dapat lebih bekerja sama dalam menyelesaikan konflik di Suriah.
 
Hal tersebut diutarakan olehnya dalam kunjungan di Korea Selatan (Korsel) hari ini. "PBB sedang mencoba untuk menolong warga Suriah yang terjebak konflik dan juga mencari cara untuk secepatnya menemukan solusi untuk mengakhiri konflik yang terjadi di negara Timur Tengah tersebut" ujar Ban, seperti dikutip NPR, Senin (29/10/2012).
 
Sebelumnya, Pemerintah Suriah bersama dengan pihak kelompok oposisi Free Syrian Army (FSA), gagal menjalankan komitmen mereka untuk melakukan gencatan senjata. Gencatan itu disepakati selama empat hari, termasuk selama perayaan Hari Raya Idul Adha.
 
Sejauh ini masyarakat internasional belum mampu memberikan jalan keluar bagi konflik berdarah yang telah terjadi di suriah selama 19 bulan terakhir. Ribuan warga Suriah diperkirakan tewas selama perang yang kini berubah menjadi perang saudara tersebut.

Pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad hingga kini terus menolak tuntutan lengser, yang dituntut oleh pihak FSA. Sementara pihak pemerintah menyatakan, kelompok FSA tidak lebih dari sebagai kelompok teroris yang menganggu keamanan Suriah.(faj)

Kapal Berisi Bijih Emas Hilang di Perairan Rusia

Posted: 29 Oct 2012 05:35 AM PDT

MOSKOW - Sebuah kapal barang milik Rusia dikabarkan hilang di Laut Okhotsk, wilayah timur Rusia. Kapal tersebut diketahui membawa kargo berupa bijih emas seberat 700 ton.

Kapal bernama Amurskaya ini mengirimkan sinyal darurat pada Minggu (28/10/2012). Namun tidak lama setelah mengirimkan sinyal tersebut, kapal tanker itu pun akhirnya hilang dari pantauan radar. Demikian diberitakan The Moscow Times, Senin (29/10/2012).

Regu penyelamat langsung dikerahkan untuk mencari keberadaan kapal nahas tersebut. Tetapi pihak penyelamat tidak berhasil menemukan lokasi kapal ini. Cuaca buruk yang menerpa wilayah laut tersebut membuat proses pencarian kapal bertambah sulit.
 
Pemerintah Rusia menyatakan, upaya pencarian akan kembali dimulai apabila cuaca mulai membaik. Selain membawa tiga kapal, tim pennyelamat juga akan dibantu pesawat Be-800 dan Helikopter Mi-8. Tim pencarian juga akan menyisir daerah pantai disekitar lokasi hilangnya kapal tersebut.
 
Kapal Amurskaya membawa delapan orang awak kapal yang juga tidak diketahui keberadaannya. Sebelumnya, kapal yang hilang itu sempat salah identifikasi yang disebutkan hilang dengan 11 awak kapal di dalamnya.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan