Khamis, 11 Oktober 2012

Republika Online

Republika Online


Dispera Bekasi Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Posted: 11 Oct 2012 11:07 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menjelang Idul Adha, Dinas Perekonomian Rakyat Kota Bekasi akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di penampungan hewan di Bekasi. Pemeriksaan ini telah dimulai dari tanggal 11 hingga 25 Oktober mendatang.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispera Kota Bekasi, Satia Sriwijayanti, mengatakan pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan administrasi dan pemeriksaan fisik.

''Kami akan memeriksa SKKH dan juga kesehatan fisik hewan sebelum dipotong untuk Idul Adha'', ujarnya pada Republika, Jumat (12/10).

Selain menurunkan 13 petugas dari Dispera, pemeriksaan juga akan dibantu oleh petugas kelurahan, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) kecamatan, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Pemeriksaan juga akan dilakukan pada hari Idul Adha sebelum pemotongan kurban dilaksanakan.

Sebelum mengadakan pemeriksaan, pihak Dispera bidang Kesehatan Hewan sebelumnya telah melakukan pelatihan kepada petugas kelurahan, PPL dan DKM pada 4 Oktober 2012. Pelatihan ini mencakup tata cara pemeriksaan, tanda-tanda hewan tidak sehat hingga cara pengemasan daging.

Palyja: Kebocoran Pipa Kebon Sirih Akibat Kendaraan Berat

Posted: 11 Oct 2012 11:03 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kebocoran pipa air bersih di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, yang terjadi Kamis (11/10) menurut Palyja,  kendaraan berat yang pada beberapa waktu terakhir sering lewat di wilayah tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Komunikasi Korporasi dan Kegiatan Sosial PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) Meyritha Maryanie mengatakan

"Kami duga jika melihat lepasnya sambungan pipa itu karena ada tekanan berat dari beban di jalan kepada pipa di bawah tanah, apalagi karena ada truk besar menuju proyek yang sedang dibangun di kawasan tersebut," kata Meyritha, di Jakarta, Jumat.

Menurut Meyritha, Palyja kembali menemukan rembesan air ke atas permukaan jalan pada Kamis pagi (11/10) setelah sebelumnya pada Senin (8/10) terjadi kebocoran pipa primer 900mm yang rusak sepanjang sekitar 4 meter.

Palyja terpaksa menutup katup pasokan air bersih ke wilayah tersebut pada Kamis siang karena dikhawatirkan kebocoran menyebabkan banjir di jalan satu arah tersebut.

"Kami tutup aliran pukul 14:00 pada Kamis dan pada malamnya perbaikan pipa sudah selesai namun untuk saat ini kami mohon maaf kepada pengguna jalan karena ada penghalang di sisi kanan jalan tersebut untuk menghindari terjadinya kebocoran kembali," kata Meyritha.

Palyja telah melakukan pengecoran semen bagi ruang pipa tersebut agar kuat menahan beban dari kendaraan yang lewat di atas jalan. Sejumlah wilayah yang terkena dampak akibat pasokan air terhenti terdiri dari wilayah Kampung Bali, Kebon Sirih dan Cikini.

Sementara itu wilayah yang persediaan airnya menurun karena kebocoran tersebut antara lain Pasar Baru, Gambir, Kebon Kelapa, Petojo Selatan, Kartini, Karang Anyar, Maphar, Taman Sari, Tangki, Mangga Besar, Petojo Utara, Keagung, Ancol, Mangga Dua Selatan, dan Pademangan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan