Khamis, 11 Oktober 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Sekjen PBB dukung konferensi nuklir Timur Tengah

Posted: 11 Oct 2012 09:41 PM PDT

PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menyampaikan dukungannya pada konferensi yang bertujuan untuk menciptakan Timur Tengah bebas senjata nuklir dan mendesak semua negara di kawasan itu menghadiri konferensi tersebut.

Finlandia siap menjadi tuan rumah pertemuan di Helsinki pada pertengahan Desember, yang menurut Ban merupakan kesempatan "unik bagi semua negara di kawasan untuk secara kolektif meningkatkan keamanan mereka," demikian pernyataan kantor Sekretaris Jenderal PBB yang dikutip AFP pada Kamis.

Ban mendesak semua negara di kawasan itu untuk berpartisipasi dan berkontribusi untuk menyukseskan konferensi tersebut.

Pemimpin PBB juga menyambut komitmen dari Liga Arab untuk mempertimbangkan konferensi "dengan cara yang serius dan konstruktif."

Baik Israel maupun Iran telah menyatakan rencana mereka untuk menghadiri pertemuan itu.

Israel dan sekutu Baratnya khawatir program nuklir Iran dipakai sebagai kedok untuk mengembangkan bom atom.

Teheran membantah keras tuduhan itu, dan mengatakan kegiatan nuklirnya ditujukan untuk energi sipil dan tujuan medis saja.

Israel, satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki senjata nuklir namun tidak diumumkan, mengatakan tidak akan mengesampingkan aksi militer sepihak terhadap Teheran untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Negara Yahudi itu bukan penandatanganan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir, yang mengatur dan membatasi pengembangan teknologi nuklir, meski merupakan anggota dari Badan Energi Atom Internasional.

Shaul Horev, Kepala Komisi Energi Atom Israel, mengatakan bahwa situasi di Timur Tengah masih belum "kondusif" untuk menciptakan zona bebas nuklir.

(H-AK)

Tyson kembali ditolak mendapat visa Selandia Baru

Posted: 11 Oct 2012 08:36 PM PDT

Wellington (ANTARA News) - Mantan juara tinju dunia kelas berat Mike Tyson untuk kedua kalinya ditolak permintaan visa kunjungan ke Selandia Baru sebagai motivator, demikian dikatakan pemerintah negara tersebut, Jumat.

Dia sebetulnya telah mendapat jaminan visa dari Asosiasi menteri imigrasi Kate Wilkonson untuk berkunjung ke Selandia Baru, namun dicabut ketika sebuah yayasan amal pemuda yang sebelumnya mendukung kehadirannya pada acara di Auckland itu, tidak melihat bahwa kedatangan petinju tersebut akan memberikan sesuatu.

Promotor telah melayangkan permintaan visa baru setelah satu kelompok komunitas kedua mengatakan akan mendukung permintaannya.

"Sebetulnya keputusan menerima Mr Tyson sudah cukup dengan surat atau dukungan dari sebuah anggota dewan Life Education Trust," kata Wilkinson seperti dikutip Reuters.

"Namun ketika Turst menarik dukungan mereka, saya menerima permintaan lainnya dari perwakilan Mr Tyson yang mengatakan ada dukungan dari Manukau Urban Maori Authority," katanya.

"Permintaan baru ini tidak cukup untuk mendapatkan izin, saya menolak untuk menjamin Mr Tyson mendapatkan sebuah visa baru di bawah Immigration Act 2009," tambahnya.

Tyson yang pernah menjadi juara dunia kelas berat sejati pada era 80-an, sempat mendapatkan jaminan visa oleh pemerintah Australia awal pekan ini untuk ambil bagian dalam serangkaian diskusi pada Nopember mendatang.

Dia telah melakukan kejahatan penganiayaan pada 1992 dan mendapat hukuman penjara tiga tahun, Tyson mengumumkan bangkrut pada 2003 dan mundur dari tinju profesional tiga tahun kemudian.

Bulan lalu, Tyson berbicara untuk konferensi finansial di Hongkong yang membicarakan tentang kehidupan sebelum dan sesudah bertinju, keluarganya dan karir aktingnya, termasuk one-man show di Broadway.

(A020)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan