Selasa, 2 Oktober 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Polda Terapkan Pengamanan Ketat

Posted: 02 Oct 2012 08:34 AM PDT

Polda Terapkan Pengamanan Ketat

Penulis : Josie Susilo Hardianto | Selasa, 2 Oktober 2012 | 15:34 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Polda Papua akan menerapkan pengamanan sangat ketat selama penyelenggaraan Raimuna Nasional X di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura, untuk menjamin keamanan para peserta .

Ditemui Selasa (2/10/2012) inidi Jayapura, Kepala Polda Papua Irjen Tito Karnavian, mengatakan, personel akan dibagi dalam sektor-sektor. Tidak hanya polisi, pengamanan pun akan dibantu oleh anggota T NI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Tempat berlangsungnya acara, tutur Tito Karnavian, akan dibuat imun. Hanya peserta, panitia, atau pihak-pihak yang berkepentingan yang diperkenankan masuk. "Pengamanan sangat ketat. Peserta yang keluar harus didaftar dan dikawal," kata Tito Karnavian.

Selain, itu masing-masing kontingen juga akan didampingi anggota Polda dari daerah masing-masing. Meskipun kondisi umum Papua saat ini aman, polisi terus akan meningkatkan pengamanan.

Tak hanya patroli dan razia minuman keras dan kendaraan bermotor, polisi, menurut Tito Karnavian terus melakukan pendekatan pada berbagai kelompok. Para Kepala Polres pun dimintanya untuk meningkatkan kegiatan di wilayah masing-masing.

Direncanakan, Raimuna Nasional X akan digelar pada 8-15 Oktober mendatang dan akan dihadiri sekitar 5000 peserta. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri dan membuka perhelatan tersebut.

Bus Hajar Truk, Tiga Orang Tewas

Posted: 02 Oct 2012 08:33 AM PDT

Bus Hajar Truk, Tiga Orang Tewas

Penulis : Kontributor Tana Luwu, Husain | Selasa, 2 Oktober 2012 | 15:33 WIB

KOMPAS.com/ UCENG HUSAIN

mobil bus charisma ringsek setelah menabrak truk parkir di kabupaten luwu, sulawesi selata. selasa(02/10/2012) tiga orang tewas dalam insiden tersebut

TERKAIT:

LUWU, KOMPAS.com - Tiga orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, Selasa (2/10/2012) sekitar pukul 04.00 Wita.

Bus Charisma bernomor polisi DD 7561SZ jurusan Makassar - Palopo menabrak truk enam roda bernomor polisi DD 9474 AH di Jalan Poros Trans Sulawesi tepatnya di Desa Lare-Lare, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Berdasarkan informasi dari Polres Luwu, kecelakan bermula saat bus Charisma yang dikemudikan Allang (25) melaju dengan kecepatan tinggi. Allang tak bisa mengendalikan kemudi saat melihat di depan mobil truk yang dikemudikan Bakri mogok di kanan badan jalan akibat pecah ban.

Bus Charisma dari arah Makassar mengangkut 20 penumpang itu pun langsung menghantam truk tersebut. Akibat tabrakan ini, tiga orang penumpang tewas, satu di antaranya di tempat kejadian, sedangkan dua lainnya tewas saat sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Palopo.

Adapun korban tewas dalam tabrakan ini adalah Allang sopir bus Charisma; Usman (37) manajer Bulog Palopo; Jefry (40) warga Depok, Jawa Barat.

Kapolres Palopo Ajun Komisaris Besar Polisi Rudi Heru Susanto membenarkan adanya kecelakaan maut di Jalur Poros Trans Sulawesi tersebut.

"Akibat kecepatan tinggi, maka sang sopir bus tak mampu mengendalikan busnya, lalu menabrak truk yang terparkir di bibir kanan jalan," kata Rudi, Selasa (2/10/2012).

Rudi menambahkan, sebagian penumpang bus kini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit At-Medika Palopo, karena mengalami luka serius.

Selain kelalaian pengendara karena menjalankan bus dengan kecepatan tinggi, kurangnya penerangan jalan serta sempitnya badan jalan menjadi penyebab kecelakaan di Jalur Trans Sulawesi.

Tiada ulasan:

Catat Komen