Isnin, 8 Oktober 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Aktivitas Gunung Lokon berangsur menurun

Posted: 08 Oct 2012 07:09 AM PDT

Manado (ANTARA News) - Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung di Kakaskasen, Farid Ruskanda Bina mengatakan, aktivitas Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, berangsur menurun pascaletusan Minggu (7/10) pukul 14.05 WITA.

"Penurunan aktivitas ini ditandai dengan semakin berkurangnya frekwensi kegempaan vulkanik dalam dan vulkanik dangkal," kata Farid, di Tomohon, Senin.

Dia mengatakan, sejak pukul 00.00 WITA hingga 12.00 WITA, terekam 10 kali gempa vulkanik dalam, dan 24 kali gempa vulkanik dangkal, sedangkan di periode pukul 12.00 WITA hingga 18.00 WITA hanya terekam dua kali gempa vulkanik dangkal.

Penurunan frekwensi kegempaan ini menurut Farid, jauh lebih sedikit dibanding dengan frekwensi kegempaan yang terekam sebelum letusan yang mencapai seratusan lebih.

"Harapannya aktivitas kegempaan akan semakin menurun menuju normal. Apalagi status siaga Gunung Lokon sudah bertahan setahun lebih sejak Juli 2011," kata dia.

Farid berharap, warga tetap mematuhi radius bahaya sejauh 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan Gunung Lokon, karena bila sewaktu-waktu terjadi letusan dapat menjangkau daerah radius bahaya.

"Hingga kini PVMBG Bandung masih menetapkan status siaga level III. Status seperti ini hendaknya juga ditindaklanjuti dengan kesiagaan," harapnya.
(ANTARA)

Tiga menteri dijadwalkan hadiri pembukaan Raimuna X

Posted: 08 Oct 2012 07:04 AM PDT

Seusai menghadiri pembukaan Raimuna para menteri bersama Wapres Boediono akan langsung kembali ke Jakarta.

Berita Terkait

Jayapura (ANTARA News) - Tiga menteri dijadwalkan hadir dalam Raimuna X yang akan dibuka Wakil Presiden Boediono, 10 Oktober 2012, di Bumi Perkemahan Cenderawasih Kodya Jayapura, Papua.

Penjabat Gubernur Papua Syamsul Rivai di Jayapura, Senin, mengatakan bahwa saat ini tercatat tiga menteri yang akan menghadiri pembukaan raimuna x yakni Menpora Andi Malarangeng, Menko Kesra Agung Laksono, dan Mendagri Gamawan Fauzi.

Dikatakannya, ketiga menteri itu akan tiba bersama Wakil Presiden Boediono, Selasa (9/10) yang datang ke Jayapura dengan agenda membuka Raimuna X yang dilaksanakan dari tanggal 8-15 Oktober mendatang.

Seusai menghadiri pembukaan Raimuna para menteri bersama Wapres Boediono akan langsung kembali ke Jakarta.

Peserta Raimuna saat ini tercatat sekitar 4.000 peserta dari kwarda seluruh Indonesia dan jumlah tersebut cukup menggembirakan karena pelaksanaan kegiatan tersebut sempat ditunda.

"Kami sebagai tuan rumah akan melakukan yang terbaik termasuk jaminan keamanan sehingga para orang tua tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan," harap pejabat gubernur Papua Syamsul Rivai.

Menurutnya, selain memberikan jaminan keamanan pihaknya selaku tuan rumah juga berupaya memperkenalkan budaya masyarakat Papua dengan menyediakan pondok beratap daun sagu sebagai pengganti tenda.

Sebanyak 900 pondok sudah dibangun untuk menampung peserta, kata Syamsul Rivai, dan pihaknya juga senantiasa memantau langsung berbagai sarana penunjang dikawasan buper Cenderawasih Waena.

Selain memperkenalkan pondok yang menjadi rumah khas masyarakat Papua, pihaknya juga akan memperkenalkan budaya bakar baku, tambah penjabat Gubernur Papua Syamsul Rivai.
(E006)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan