Selasa, 23 Oktober 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Tiga kereta dialihkan ke jalur utara

Posted: 23 Oct 2012 07:42 AM PDT

"Ada tiga kereta yang hingga pukul 20.49 WIB telah dialihkan melalui jalur utara,"

Berita Terkait

Solo (ANTARA News) - Tiga rangkaian kereta api yang seharusnya melewati jalur selatan dialihkan dari Stasiun Balapan Solo melalui jalur utara karena KA Prameks anjlok di lintasan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa sekitar pukul 16.45 WIB.

"Ada tiga kereta yang hingga pukul 20.49 WIB telah dialihkan melalui jalur utara," kata Kepala Pembina Polisi Khusus Kereta Api Stasiun Balapan Solo Iptu Anang Wahyudi di Solo, Selasa malam.

Ia mengatakan, tiga kereta itu yakni KA Bengawan Ekonomi jurusan Solo-Tanah Abang, Jakarta yang posisinya telah di Klaten, lalu ditarik ke Stasiun Balapan Solo, untuk selanjutnya berangkat melalui jalur utara yakni Solo-Semarang-Cirebon-Jakarta.

Selain itu, katanya, KA Argo Dwipangga Eksekutif jurusan Solo-Gambir, Jakarta yang seharusnya berangkat pukul 20.00 WIB, telah parkir di Stasiun Balapan Solo menunggu KA Bima jurusan Surabaya-Jakarta tiba di stasiun setempat.

"Nanti penumpang KA Bima akan digabungkan dengan penumpang KA Argo Dwipangga, untuk melewati jalut utara. Sampai sekarang menunggu KA Bima tiba di Solo," katanya.

Ia mengatakan, KA Senja Utama Bisnis telah berangkat melalui jalur utara dari Stasiun Balapan Solo pada pukul 19.50 WIB.

Hingga sekitar pukul 21.10 WIB, katanya, jalur selatan melewati Kalasan belum bisa dilalui karena petugas masih mengevakuasi KA Prameks yang mengalami musibah.

"Masih evakuasi Prameks, sehingga jalur itu belum bisa dilalui kereta meskipun ada dua jalur kereta," katanya.

Para penumpang KA Lodaya jurusan Solo-Bandung yang seharusnya berangkat pukul 20.30 WIB, sudah naik di kereta itu. Akan tetapi, belum diketahui kapan pemberangkatan kereta tersebut.

"Karena kereta ini harus melewati jalur selatan menuju Bandung, tidak bisa melalui jalur utara. Kita harapkan evakuasi Prameks sudah selesai malam ini sehingga Lodaya bisa diberangkatkan," katanya.

Ia mengatakan, KA Sancaka jurusan Surabaya-Yogyakarta yang tetap boleh melintasi Stasiun Balapan Solo melalui jalur selatan, ke arah Yogyakarta, berhenti di Stasiun Srowot Klaten, Jawa Tengah.

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah bus untuk mengangkut penumpang kereta itu dari Klaten menuju Yogyakarta.

Ia mengatakan, sejumlah kereta dari Jakarta melalui jalur selatan telah masuk Stasiun Balapan Solo sebelum musibah KA Prameks. Sejumlah kereta itu antara lain KA Argo Lawu dan Lodaya.

Beberapa stasiun KA yang terdekat dengan lokasi kecelakaan KA Prameks di Kalasan, Yogyakarta, antara lain Stasiun Srowot Klaten, Stasiun Prambanan, dan Stasiun Purwosari Solo.

"Sekarang ada KA Gaya Baru Ekonomi jurusan Surabaya-Jakarta yang berhenti di Stasiun Purwosari," katanya.

Pada kesempat itu Anang mengimbau kepada para calon penumpang kereta api jurusan Solo-Jakarta yang hendak membatalkan keberangkatan, agar menukar tiket dengan uang pengganti 100 persen.

"Akan diganti, uang kembali penuh. Loket penukaran tiket masih buka untuk melayani penumpang yang membatalkan keberangkatan," katanya.

(B018/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Aktivitas Gunung Raung belum ganggu penerbangan

Posted: 23 Oct 2012 07:32 AM PDT

Banyuwangi  (ANTARA News) - Status siaga Gunung Raung belum mengganggu rute penerbangan Banyuwangi-Surabaya dan sebaliknya, kata Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi Andi Hendra.

"Hingga kini peningkatan aktivitas Gunung Raung belum mempengaruhi penerbangan di Bandara Blimbingsari Banyuwangi," kata Andi Hendra, Selasa.

Status Gunung Raung dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso, Jawa Timur, meningkat dari waspada (Level II) menjadi siaga (Level III) sejak Senin (22/10) pukul 20.30 WIB.

Menurut Andi jadwal penerbangan Merpati Airlines dan Wings Air dari Banyuwangi-Surabaya atau sebaliknya tidak ada yang tertunda dan rute penerbangan tersebut berjalan normal.

"Kami selalu meminta informasi dari pilot saat terbang dari Banyuwangi-Surabaya, namun pihak Bandara Blimbingsari tetap meminta pilot mewaspadai embusan asap Gunung Raung," tuturnya.

Ia menjelaskan rute penerbangan Merpati Airlines dan Wings Air dari Bandara Blimbingsari menuju Bandara Juanda Surabaya tidak melintasi sejumlah gunung api aktif seperti Gunung Raung karena dapat membahayakan pesawat dan hal tersebut harus dihindari.

"Kendati demikian, pihak Bandara Blimbingsari tetap memantau perkembangan aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl," katanya.

Sementara Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan status Gunung Raung naik menjadi Siaga karena gempa tremornya terus meningkat dengan amplitudo rata-rata 12-15 milimeter dan amplitudo maksimal mencapai 30 milimeter hingga "overscale" yang diikuti dengan embusan asap dari puncak dengan ketinggian 50-75 meter.

"Dengan status Siaga, PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Raung dan pendaki tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 kilometer dari pusat kawah aktif," katanya.

Potensi bahaya erupsi Raung pada Kawasan Rawan Bencana III adalah kawasan yang sering terlanda awan panas, aliran lava, dan bahan lontaran batu (pijar), kemudian potensi bahaya erupsi pada Kawasan Rawan Bencana II adalah kawasan yang sering terlanda awan panas, aliran lava, dan bahan lontaran batu (pijar) serta hujan abu lebat.

Selain itu, potensi bahaya erupsi Gunung Raung pada Kawasan Rawan Bencana I adalah kawasan yang terlanda lahar atau banjir dan kemungkinan dapat terkena perluasan aliran piroklastik (awan panas).

Apabila letusannya membesar, maka kawasan tersebut sangat berpotensi tertimpa bahan jatuhan piroklastik berupa lontaran batu (pijar) dan hujan abu berjenis "ash dry fall".

(ANT-070/Z003)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan