Ahad, 16 September 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Ternate Tertutup Abu, Aktivitas Warga Terhenti

Posted: 16 Sep 2012 12:05 AM PDT

TERNATE - Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Maluku Utara kembali memuntahkan hujan abu siang ini, sekira pukul 14.00 WITA. Hujan abu ini adalah yang kedua kalinya terjadi dalam dua hari ini.

Hujan abu dari Gunung Gamalama kembali menutupi sebagian Kota Ternate. Dari pandangan Okezone, abu dari Gunung Gamalama tersebut menutupi atap-atap rumah warga dan juga membuat langit kota Ternate menjadi gelap tertutup awan abu-abu.

"Ini yang sudah kedua kalinya. Tadi malam sekira pukul 23.00 juga terjadi hujan abu," tutur Safira, warga Kota Ternate, Minggu (16/9/2012).

Meskipun sebagian besar kota tertutup abu, terlihat masih ada warga yang beraktifitas seperti biasa. Meski begitu, sebagian toko dan warung juga terlihat menutup lebih cepat tokonya, karena khawatir hujan abu mengotori dagangan mereka.

Gunung Gamalama adalah gunung stratovolkanik yang masih aktif. Gunung ini terakhir mengalami erupsi pada Mei 2012 lalu.

(ris)

Gunung Gamalama Meletus, Ternate Tertutup Abu

Posted: 16 Sep 2012 12:00 AM PDT

TERNATE - Gunung Gamalama di Maluku Utara kembali meletus. Sepanjang siang ini, gunung api aktif itu sudah dua kali mengeluarkan letusan disertai suara gemuruh dengan ketinggian asap mencapai 1.000 meter ke arah Tenggara-Selatan, yang menyebabkan seluruh Kota Ternate tertutup debu.

"Gunung api Gamalama meletus pada siang ini pukul 13.22 WIT. Pada pukul 14.15 WIT meletus lagi. Letusan disertai suara gemuruh sedang," tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPN, Sutopo Purwo Nugraho, melalui Blackberry Messenger di Jakarta, Minggu (16/9/2012).

Dia mengatakan, sejak pukul 14.30 WIT status Gunung Gamalama juga sudah dinaikkan dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Namun belum ada masyarakat yang diungsikan. Jarak pandang di Kota Ternate kini hanya 50 meter. "BPBD Maluku Utara berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk penyediaan masker," tambahnya.

Sebelumnya, pada Sabtu malam sekira pukul 20.27 WIT meletus. Saat itu hujan abu sudah menyelimuti bagian Timur-Selatan kota.

(ris)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan