Ahad, 16 September 2012

Republika Online

Republika Online


Abu Vulkanik Gamalama Belum Bahayakan Penerbangan

Posted: 16 Sep 2012 11:23 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Badan Meteorologi, Kilimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate, Maluku Utara (Malut) menilai abu vulkanik letusan Gunung Gamalama belum membahayakan aktivitas penerbangan di Bandara Babullah Ternate.

Prakirawan Cuaca BMKG Ternate, Muhammad Rivan mengatakan di Ternate, Senin, abu vulkanik letusan Gunung Gamalama diterbangkan angin ke arah tenggara dan selatan, sehingga tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Babullah Ternate yang berada di bagian Utara.

Namun demikian, jika arah angin berbalik membawa abu vulkanik letusan Gunung Gamalama ke arah utara dan dinilai membahayakan aktivitas penerbangan di bandara itu, maka BMKG akan segera mengeluarkan peringatan dini kepada Otoritas Bandara Babullah Ternate.

Meskipun terjadi letusan susulan Gunung Gamalama sejak pagi, namun sejauh ini belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Babullah, karena sejumlah maskapai masih melakukan penerbangan.

Petugas di Bandara Babullah Ternate, Hairun Abdul Kadir ketika dikonfirmasi mengaku, saat ini sejumlah maskapai yang melakukan aktivitas penerbangan masih melayani calon penumpang dari dan ke Ternate.

Artinya, abu vulkanik letusan Gunung Gamalama hingga letusan pada Senin Pagi tadi belum mengarah ke Bandara Babullah, sehingga tidak mengganggu aktivitas penerbangan di bandara itu.

Pesawat Garuda Air dan Sriwijaya Air pada Senin Siang, tetap beroperasi, meskipun aktivitas vulkanik Gunung Gamalama meningkat dengan mengeluarkan abu vulkanik, namun kemudian tetap melakukan penerbangan karena abu vulkanik Gunung Gamalama tak jatuh di landasan itu.

Gunung Gamalama meletus pada Sabtu malam hingga Senin Pagi tadi, abu letusannya menyebar terbawa angin di berbagai wilayah di Kota Ternate, terutama di wilayah Kecamatan Kota Ternate Selatan dan Kota Ternate tengah.

Namun, abu vulkanik Gunung Gamalama itu tidak sampai ke arah di sekitar Bandara Babullah Ternate, sehingga tidak mengganggu penerbangan di daerah tersebut.

Ada tujuh perusahan penerbangan yang selama ini membuka rute penerbangan dari dan ke Ternate seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Ekspres Air, Batavia Air, Wings Air, Trigana Air dan Nusantara Buana Air.

Inilah Si Pembuat Film Anti-Islam Itu

Posted: 16 Sep 2012 11:11 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, -- Identitas fisik Nakoula Basseley Nakoula atau yang juga dikenal dengan nama Sam Bacile akhirnya muncul ke publik.

Foto yang menampilkan Bacile dengan salah satu aktrisnya itu muncul satu hari setelah Bacile menjalani pemeriksaan oleh penyidik federal.

Foto tersebut diambil di sela pembuatan film Innocence of Muslim.

Dalam foto tersebut Bacile terlihat sangat bahagia. Bacile menunjukkan rona bahagianya dengan menatap ke arah Anna Gurji, salah satu aktris yang terlibat dalam film tersebut.

Para pejabat AS sebelumnya mengatakan bahwa pihak berwenang tidak menyelidiki proyek film tersebut, meski dampak dari film telah menyebabkan kekerasan dan penolakan di berbagai negara.

Pejabat AS beralasan, memproduksi film di Amerika Serikat dilindungi oleh undang-undang atas nama kebebasan berekspresi.

Kuasa Hukum Bacile juga menolak berkomentar atas hasil pemeriksaan Bacile.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan