Selasa, 25 September 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Mantan Presiden Iran Komentari Penangkapan Anaknya

Posted: 25 Sep 2012 06:06 AM PDT

TEHERAN - Mantan presiden Iran Ali Hashemi Rafsanjani berkomentar atas penangkapan dua anaknya oleh otoritas Iran. Dua anak Hashemi, Mehdi Hashemi dan Faezeh Hashemi ditangkap terkait kerusuhan selepas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 lalu.

Menurut Trend, Selasa (25/9/2012) menanggapi penangkapan tersebut Rafsanjani hanya mengatakan bahwa kedua anaknya tidak boleh diperlakukan diskriminatif. Mantan Presiden Iran itu juga mengaku tidak terlalu khawatir terkait masalah ini.

Putra Rafsanjani, Mehdi ditangkap atas tudingan melakukan propaganda terhadap negara serta terlibat dalam kasus korupsi. Sementara sang adik Faezeh juga ditangkap dengan tuntutan serupa.

Press TV pada 21 Juni 2009 lalu menyebutkan dalam laporannya putri dan empat anggota keluarga Rafsanjani teridentifikasi terlibat dalam aksi protes ilegal yang diadakan di Teheran.

Anggota keluarga Rafsanjani ini sempat ditahan selama satu sebelum akhirnya dibebaskan. Namun pada 2011 lalu Faezeh diketahui sempat mendekam di penjara selama enam bulan. Faezeh pun dilarang melakukan berbagai aktivitas politik selama lima tahun.

Pada 2010 lalu, Mehdi dan Faezeh berulang kali dituding sebagai penyebab gangguan keamanan dalam negeri di Iran. Dalam aksi protes yang berakhir ricuh pada 2009 itu tercatat puluhan orang tewas dan ribuan pendemo ditangkap.

Unjuk rasa yang berakhir ricuh ini terjadi setelah pendukung kandidat presiden Mir Hussein Mussavi memrotes kemenangan yang diraih Presiden Mahmud Ahmadinejad. Presiden Iran itu dituduh melakukan kecurangan untuk memenangkan pilpres.(rhs)

Michelle Obama: Saya Tak Cukup Sabar untuk Jadi Presiden AS

Posted: 25 Sep 2012 06:02 AM PDT

WASHINGTON - Kemunculan Presiden Barack Obama dan sang istri Michelle Obama dalam acara bincang-bincang The View menimbulkan pertanyaan baru. Berhasratkah Michelle Obama untuk maju dalam pencalonan presiden Amerika Serikat (AS)?

Obama justru menilai pertanyaan ini sebagai sebuah gagasan yang sangat menarik. "Itu ide yang sangat menarik. Namun saya tidak berpikir demikian," tegas Obama seperti dikutip BBC, Selasa (25/9/2012).

Michelle pun ikut menimpali jawaban sang suami. "Benar adanya, saya tidak memiliki kesabaran yang dibutuhkan untuk menjadi Presiden AS," ujar Michelle.

Kemunculan Obama beserta Michelle dalam acara bincang-bincang yang dipandu empat perempuan ini dinilai merupakan bagian dari kampanye Obama untuk meraih dukungan dari para pemilih perempuan.

Beberapa jam setelah penampilan pasangan ini di acara "The View", istri pesaing Obama Ann Romney kabarnya muncul dalam acara bincang-bincang Jay Leno's "Tonight Show".

Kehadiran Obama di acara The View ini mendapat kritikan keras dari pesaingnya Mitt Romney. Bahkan Romney mengatakan dirinya merasa terganggu dengan kemunculan Obama dalam acara tersebut.

Kubu Romney menilai, tidak pantas rasanya Obama yang melakukan perjalanan singkat ke New York sebagai seorang kepala negara muncul dalam acara bincang-bincang seperti itu.

Kunjungan Obama ke New York kali ini bertujuan untuk menghadiri Sidang Umum Majelis PBB. Namun tidak seperti biasanya dalam sidang tahunan kali ini Obama tidak dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan pemimpin dunia lainnya termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan