Jumaat, 28 September 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Menteri PDT galakkan gerakan nasional pemakaian minyak kelapa tanak

Posted: 28 Sep 2012 07:35 PM PDT

Produksinya juga paling banyak nomor dua setelah Sangir Talaud, Sulawesi Utara.

Berita Terkait

Padangpariaman (ANTARA News) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini, dijadwalkan berkunjung ke Padangpariaman, Sumatera Barat, menggalakkan Gerakan Nasional Pemakaian Minyak Kelapa Tanak.

"Menteri PDT menggalakkan gerakan nasional pemakaian minyak kelapa tanak sekaligus memberikan bantuan alat produksi kepada masyarakat," kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaringan Anti Kemiskinan, Jon Kenedi Martin di Padangpariaman, Sabtu.

Kegiatan tersebut dicanangkan LSM Jaringan Anti Kemiskinan bekerjasama dengan Kementerian PDT yang akan digelar pada Senin (1/10).

Ia menjelaskan, LSM Jaringan Anti Kemiskinan bergerak pada kegiatan yang bernuansa pengentasan kemiskinan di Indonesia yang sekarang digalakkan di Kabupaten Padangpariaman melalui Petugas Pengentasan Kemiskinan Lapangan (P2KL).

Pihaknya membina masyarakat dalam melakukan pengolahan kelapa yang difasilitasi oleh Kementerian PDT.

Pengolahan kelapa dibuat menjadi minyak kelapa tanak, minyak murni atau Virgin Coconut Olil (VCO), pengolahan sabut dan batok kelapa serta pengolahan berbahan kelapa lainnya.

"Kali ini difokuskan kepada pengolahan minyak kelapa tanak dan minyak VCO," katanya.

LSM Jaringan Anti Kemiskinan yang didirikan dua tahun lalu, katanya, dalam pengolahan kelapa membina Kabupaten Padangpariaman, Pesisir Selatan, Halmahera Barat, dan Mamuju Utara.

Menurutnya, mengapa dipilih Kabupaten Padangpariaman, karena kelapa merupakan salah satu produk unggulan di kabupaten itu yang ketika diolah dengan baik bisa meningkatkan ekonomi lokal.

"Kelapa khasiatnya luar biasa bila diolah menjadi VCO dan produk turunan kelapa sangat banyak, seperti asap cair, pengolahan batok, dan lainnya," ujarnya.

Kelapa di Padangpariaman, menurutnya memiliki kualitas terbaik untuk diolah menjadi VCO.

Produksinya juga paling banyak nomor dua setelah Sangir Talaud, Sulawesi Utara.

Maka agar populasi tetap bertahan, katanya, kelapa di Padangpariaman harus dibibitkan kembali yakni dengan membibitkan 1 juta batang kelapa setiap tahun.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Harga minyak naik akibat friksi Timur Tengah

Posted: 28 Sep 2012 07:23 PM PDT

Ilustrasi - Barel minyak mentah. (istimewa)

Ketegangan antara Iran dan Barat memperkuat kekhawatiran potensi gangguan pasokan,"

Berita Terkait

New York (ANTARA News) - Harga minyak mentah naik sedang Jumat akibat kekhawatiran ketegangan Timur Tengah yang menimbulkan keprihatinan pasokan dari wilayah kaya minyak tersebut.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk November, naik 34 sen dari Kamis dalam perdagangan berubah-ubah, lapor AFP.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November berakhir di 112,39 dolar per barel, naik 38 sen, setelah perdagangan defisit.

Matt Smith dari Summit Energy mengatakan pasar minyak "sangat tak pasti -- kami hanya melakukan perdagangan sempit."

Harga minyak, yang melonjak tajam Kamis, masih disangga "karena pengaruh buruk retorika geopolitik kemarin dan minggu ini dari Sidang Umum PBB, khususnya komentar (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu kemarin," kata Smith.

Dalam pidatonya di PBB, Netanyahu menyerukan "garis merah yang jelas" untuk menghentikan Iran memiliki bom nuklir.

Dia menggunakan spidol merah untuk menarik garis pada sebuah diagram kartun bom untuk melukiskan batas komunitas internasional bagi program pengayaan nuklir Iran yang semestinya.

Dia mengatakan Iran memiliki 70 persen uranium yang diperlukan untuk membuat sebuah bom dan memperingatkan bahwa pada laju pengayaan sekarang, republik Islam tersebut akan memiliki hampir seluruh material yang dibutuhkan untuk menciptakan bom pertama sebelum musim panas mendatang.

"Ketegangan antara Iran dan Barat memperkuat kekhawatiran potensi gangguan pasokan," kata Phillip Futures dalam sebuah komentar pasar.

"Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menarik 'garis merahnya' bagi program nuklir Iran dalam sebuah pidato di Perserikatan Bangsa Bangsa... dan menyatakan keyakinannya Amerika Serikat punya kesamaan pandangan dengannya."

Pada Jumat, tekanan internasional atas produsen minyak Iran meningkat ketika Netanyahu dan Presiden AS Barack Obama menekankan "kesamaan tujuan" mencegah Iran mendapatkan bom nuklir.

Kekuatan Barat menekan Iran supaya menghentikan program nuklirnya, namun Tehran menegaskan programnya ditujukan semata-mata untuk tujuan damai.

Smith dari Summit mengatakan kenaikan harga tertahan kekhawatiran berulang utang publik zona euro setelah Spanyol, ekonomi regional terbesar keempat, nampak pasti untuk mencari bailout pemerintah dan data ekonomi di Amerika Serikat, konsumen minyak terbesar dunia, lemah. (K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan