Isnin, 20 Ogos 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Lebaran, Penjualan BBM di Jakarta Malah Turun

Posted: 20 Aug 2012 01:07 AM PDT

JAKARTA - Jakarta merupakan kota dengan penduduk mayoritas pendatang. Hal ini terlihat ketika Lebaran tiba yakni dari banyaknya jumlah pemudik yang akan pulang kampung.

Saat Lebaran, aktivitas Jakarta akan berkurang, jalan-jalan yang biasanya padat oleh kendaraan akan lengang. Sehingga akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar di Ibu Kota.

Supervisor Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) 31.13701 Pandi mengatakan, pihaknya memastikan akan ada penurunan penjualan dari hari biasanya. "Penjualan pasti turun sekira 10 persen dari hari biasa," ungkap Pandi saat ditemui Okezone, di SPBU 31.13701, Jalan Raya Bogor, Gandaria, Jakarta.

Pandi menambahkan, pada hari biasa pihaknya menjual bahan bakar sebesar 32 kiloliter (kl). Bahkan, pada  H-10 sampai H+10 berkurang jadi 25 kl. Berkurangnya aktifitas masyarakat di Jakarta pun menjadi salah satu penyebabnya.

"Karena kayawan pabrik libur, jadi yang menggunakan kendaraan berkurang. Angkot juga sepi karena masyarakat agak kurang beraktivitas, jadi ada pengaruhnya," jelas Pandi.

Pandi menambahkan, pihaknya tidak melakukan persiapan khusus dalam menambah kuota bahan bakar saat Lebaran. Menurutnya, hal ini masih dalam kondisi normal, walau SPBU tersebut dilintasi pemudik yang menuju Bogor, Puncak, dan Sukabumi. "Enggak ada tambahan, masih normal. Jadi kita masih level aman, info lebih lanjut belum ada," tutup Pandi. (wdi)

Lonjakan Harga Daging Ayam Lampaui Prediksi

Posted: 20 Aug 2012 01:06 AM PDT

SOLO – Harga daging ayam di kota Solo dan sekitarnya melesat tinggi. Meski sudah diperkirakan bakal naik sebelumnya, namun kenaikan yang terjadi melampaui perkiraan semula.

Salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Rohmani, mengaku terpaksa menaikkan harga daging ayam potong dagangannya melampaui harga yang diperkirakan semula. Pasalnya, harga ayam potong pada sehari menjelang lebaran tiba-tiba naik tinggi sekali.

"Perkiraan semula pada hari lebaran harga ayam potong bakal saya jual sekitar Rp27.000 hingga Rp28.000 per kilogram (kg), tetapi mengingat ayam potongnya agak terbatas dan harganya sudah naik. Terpaksa saya jual dagingnya sekarang ini Rp31.000 per kg," ungkapnya, di sela-sela melayani dagangannya, di lapaknya di Pasar Legi Solo.

Demikian halnya kenaikan harga daging ayam potong juga terjadi di Pasar Kartasura Surakarta. Menurut Surti, pedagang ayam potong di Pasar Kartasura, sudah dua hari ini harga daging ayam potong mengalami kenaikan sekitar Rp4.000 hingga Rp6.000 per kg.

"Daging ayam potong sekarang ini saya jualnya Rp32.000 per kg. Empat hari lalu, saya jual masih berkisar Rp26.000 hingga Rp27.000 per kg. Selain karena lebaran, kebetulan cari ayam potong juga agak susah," jelasnya.

Sementara itu, harga daging ayam kampung di sejumlah pasar tradisional di kota Solo juga mengalami kenaikan. "Ya, untuk daging ayam kampung memang naik. Maklum setiap lebaran memang naik. Sekarang ini untuk ukuran sedang, saya jualnya berkisar Rp50.000 hingga Rp55.000 per kg," ujar Pethul, pedagang ayam kampung di Pasar Jongke Solo. (mrt)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan