Khamis, 21 Jun 2012

Republika Online

Republika Online


Agar Anak Mau Coba Makanan Baru, Berikut Kiatnya

Posted: 21 Jun 2012 06:58 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Tak mudah untuk membuat anak kita mau mencoba aneka makanan baru. Biasanya, anak-anak terutama balita hanya ingin menyantap jenis makanan yang disukainya saja. Untuk para orangtua, jangan mudah menyerah. Tetaplah bertekad untuk mengenalkan aneka makanan pada buah hati Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jangan katakan, 'Sepertinya kamu tidak akan menyukai ini.'
Bila mengatakan ini, sama artinya Anda menyangsikan keinginan anak untuk mencoba makanan yang baru. Tanpa disadari orangtua kerap menawarkan makanan seraya 'menghakimi' bahwa anak kita akan tidak menyukai makanan itu.

Jangan menyerah
Sadarilah bahwa anak kita akan berpikir dirinya akan membenci banyak hal baru. Namun, tugas orangtua adalah tak peduli dengan fakta itu dan terus mencoba. Persis seperti hiu.

Mulailah dengan porsi kecil
Ketika mencoba makanan baru seperti ikan, anak-anak biasanya akan langsung curiga dan tak suka. Apalagi jika porsinya langsung sepiring besar atau semangkuk penuh, hasilnya bisa ditebak adalah penolakan mentah-mentah. Jadi, berikan dulu dalam jumlah sedikit.

Cuek saja
Kendati anak terus menolak, sebaiknya jangan masukkan dalam hati. Cobalah terus, namun jangan mengiba-iba. Biasanya ketika anak tahu bahwa Anda ingin mereka melakukan sesuatu, mereka biasanya akan menolak terus.

Lakukan 'tekanan teman sebaya'
Namun, tekanan ini dengan tujuan positif. Ajaklah anak lain untuk makan bersama. Anak yang hobi pilih-pilih makanan biasanya akan lebih mau mencoba agar tampak keren di depan teman-temannya.

Selamat mencoba...

Atasi Stres, Makan Pisang Saja, Kok Bisa?

Posted: 21 Jun 2012 06:32 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Kapan pun Anda merasa stres, ambillah pisang. Buah ini dalam ukuran sedang saja sudah mengandung 105 kalori dan 14 gram gula. Nutrisi itu cukup untuk sedikit menaikkan kadar gula darah dan mencukupi 30 persen angka kecukupan vitamin B6. Vitamin inilah yang membantu otak memproduksi serotonin dan membantu Anda melewati masa krisis dengan damai.

Terasa mual? Masukkan jahe ke dalam minuman hangat Anda. Banyak penelitian telah meng - ungkap seperempat sendok teh bubuk jahe, setengah hingga satu sendok teh jahe cincang, atau secangkir teh jahe dapat meredakan rasa ingin muntah. S a m p a i sekarang, belum diketahui unsur mana pada jahe yang membawa manfaat itu. Namun yang jelas, jahe tak menimbulkan efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan bebas, seperti mulut kering atau pusing.

Kadar kolesterol yang tinggi membuat orang rentan terkena penyakit jantung dan kardiovaskular. Cobalah mengonsumsi buah pir ukuran sedang. Di dalamnya terkandung 5 gram serat diet yang mayoritas berbentuk pectin. Seperti dikutip dari laman health. yahoo.net, zat inilah yang dapat membantu memerangi kolesterol jahat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan