Rabu, 11 April 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


AS: Peluncuran Roket Tunjukkan Ketakutan Korut

Posted: 11 Apr 2012 08:02 AM PDT

WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton menilai, peluncuran roket yang akan dilakukan oleh Korea Utara (Korut) menunjukkan adanya ketakutan dari Korut terhadap sikap komunitas internasional.

Clinton menjelaskan, peluncuran roket yang akan dilakukan bertepatan pada ulang tahun Kim Il Sung menandakan adanya ketakutan dari Korut dalam menyaksikan perkembangan dalam interaksi di dunia ini. Korut sangat mengkhawatirkan masuknya pengaruh dari luar yang masuk ke negaranya.

"Peluncuran roket itu memberikan kejelasan bagi kita semua, Pemimpin Korut memandang peningkatan hubungan diplomatik dengan negara lain tak lain adalah ancaman," ujar Clinton, seperti dikutip Telegraph, Rabu (11/4/2012).

Pada hari ini, Korut dikabarkan mulai mengisi bahan bakar dari roket yang akan digunakan untuk meluncurkan satelitnya. Komunitas internasional juga sudah meminta Korut untuk menghentikan peluncuran roket itu.

"Peluncuran roket sudah semakin dekat. Kemungkinan besar, peluncuran ini akan dilangsungkan pada 12 atau 13 April," ujar seorang pejabat Korut.

Pemimpin Korut Kim Jong Un sebelumnya menegaskan, dirinya tidak menerima usulan dari Kementerian Luar Negeri Korut yang meminta agar peluncuran roket itu ditunda. Menurut pejabat militer Korut, penundaan peluncuran roket akan membuat negaranya kehilangan momen bersejarah.

AS menganggap Korut sudah mengingkari janjinya dalam rangka menghentikan peluncuran roket. AS nampaknya sudah kehilangan kepercayaan dengan negeri komunis tersebut.(AUL)

SBY Diundang Perayaan Diamond Jubilee Ratu Inggris

Posted: 11 Apr 2012 07:43 AM PDT

JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diundang oleh Ratu Inggris, Elizabeth II untuk menghadiri perayaan Diamond Jubilee Ratu Inggris. Perayaan ini merupakan peringatan 60 tahun Ratu Elizabeth naik tahta.

Kepastian undangan ini disebutkan oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalagewa usai pertemuan antara Presiden den Perdana Menteri Inggris David Cameron.
"Tadi Presiden menyampaikan, beliau positif menerima undangan dari Ratu (Elizabeth). Yang kami ketahui tahun 2012 ini adalah tahun Jubilee," ujar Menlu Natalegawa di Istana Merdeka, Jakarta (11/4/2012).

"Tahun ini adalah yang khusus dan tidak banyak, bahkan saya mendengar hanya dua kepala negara yang diundang tahun ini untuk kunjungan kenegaraan. Jadi ini merupakan sesuatu yang positif," jelasnya.

Perayaan 60 tahun Ratu Inggris naik tahta atau Diamond Jubilee, akan berlangsung pada 5 Juni mendatang. Perayaannya akan dipenuhi dengan berbagai kegiatan seni dan diikuti pula oleh Negara Persemakmuran, serta bekas koloni Inggris.

Ratu Elizabeth II naik tahta Kerajaan Inggris pada 2 Juni 1953. Dirinya menggantikan posisi ayahnya Raja George VI yang wafat pada 6 Februari 1952.(ahm)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan