Rabu, 11 April 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Pascagempa Sumatera, penerbangan China-Thailand tertunda

Posted: 11 Apr 2012 07:45 PM PDT

Beijing (ANTARA News) - Beberapa penerbangan dari China ke Phuket, Thailand ditunda, karena bandara itu ditutup beberapa jam, pascagempa berkekuatan 8,5 SR mengguncang Sumatera pada Rabu (11/3).

Otoritas bandara di Beijing, Kamis mengatakan, beberapa penerbangan yang tertunda antara lain jadwal maskapai China Southern Airlines.

Maskapai tersebut seharusnya tinggal landas menuju Thailand pada Rabu (11/4), namun tertunda hingga Kamis (12/4). "Pesawat dijadwalkan terbang ke Thailand pada pukul 12 siang ini, sambil menunggu konfirmasi lanjut bandara tujuan," kata petugas bandara di Beijing.

Gempa yang mengguncang Sumatera itu terasa hingga ke beberapa negara di sepanjang Selat Andaman seperti Thailand dan India.

Bahkan pihak otoritas kedua negara itu pun sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami. Sejumlah warga dan wisatawan yang berada di Thailand termasuk di Phuket, sempat panik dan berhamburan keluar gedung dan rumah.

Sementara di China, gempa di Sumatera sama sekali tidak berpengaruh.

Gempa berkekuatan 8,5 SR terjadi perairan Sinabang, Simeulue, Provinsi Aceh, Rabu, pukul 15.38 WIB yang berpusat di 93,12 derajat bujur timur dan 2,4 derajat lintang utara.

Gempa tersebut terjadi di 410 Km barat Sinabang, berada di kedalaman 10 Km di bawah permukaan laut.
(R018/S004)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

USGS: gempa 5,9 SR guncang lepas pantai Oregon

Posted: 11 Apr 2012 07:32 PM PDT

Ilustrasi Gempa (ist)

Berita Terkait

Washington (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,9 skala Richter terjadi di lepas pantai Oregon, Rabu dan diikuti satu gempa susulan yang lebih kecil satu menit di lepas pantai Kalifornia Tengah, kata Survei Geologi AS (USGS).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gempa itu tidak mungkin memicu tsunami.

Gempa Oregon awalnya dilaporkan berkekuatan 6,2 SR dan di Kalifornia 5,3 SR.

Besaran kekuatan gempa di kedua wilayah kemudian diturunkan.

Tidak segera diketahui apakah gempa itu menyebabkan kerusakan atau adanya korban.

Gempa kuat Rabu juga dilaporkan melanda Meksiko, mengguncang bangunan-bangunan di ibu kota dan memaksa orang-orang berhambur keluar dari kantor-kantor ke jalan-jalan, meskipun laporan awal tidak ada kerusakan besar.

Walikota Kota Meksico Marcelo Ebrard mengatakan di akun twitter-nya bahwa tidak ada tanda-tanda awal kerusakan serius dan pada layanan-layanan penting di ibu kota, termasuk sistem kereta bawah tanah dan di bandara internasional, semua berfungsi.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda di negara bagian barat Michoacan pada kedalaman 40,8 mil (65,6 kilometer).

Di Indonesia, sebelumnya, Provinsi Aceh juga diguncang gempa berkekuatan 8,5 skala Richter pada Rabu, dengan pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer atau 364 kilometer di baratdaya Kabupaten Simeulue.

Gempa bumi susulan dengan kekuatan 8,5 SR kembali menggoyang Aceh pada pukul 15.38 WIB.

Selain Aceh, sejumlah provinsi yang berada di Sumatra juga ikut merasakan guncangan yang membuat panik warga masyarakat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru melaporkan bahwa gempa bumi di Aceh pada Rabu sekitar pukul 15.38.29 WIB mengguncang lima provinsi di Sumatra yakni Aceh, Bengkulu, Lampung, Sumatra Barat dan Sumatra Utara.
(H-AK)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan